Anak Pramuka itu..

Sayup-sayup terdengar dibelakangku suara ‘sirene’ mobil memberi tanda kepada pengendara lain yang berada didepannya. Aku pun sedikit memperlambat laju motor ku dan melihat dari kaca spion sepertinya ada iring-iringan mobil truk dari instansi militer di negri ini.

Satu dua truk lalu melewati ku dan aku tersenyum.. tersenyum karena didalamnya berisikan anak-anak belia yang mengenakan baju seragam pramuka. Wajah-wajah mereka penuh riang-gembira. Ada yang sambil bernyanyi-nyanyi, ada yang bersenda gurau dengan kawan lainnya, dan ada yang asyik menikmati terpaan angin di wajahnya.

Mereka adalah generasi penerus bangsa, generasi yang seharusnya senantiasa dijaga dan dirawat di negri ini. Pada tubuh mereka melekat seragam pramuka, sebuah seragam yang tak hanya berarti seragam tentunya karena didalamnya banyak makna dan filosofi yang sejatinya menjadi pijakan saat nanti mereka dewasa. Rasa bertanggungjawab, rasa menghargai, kejujuran, bertenggang rasa, tolong menolong (dalam kebaikan), kemerdekaan dan kemandirian yang hakiki.

Tentunya tak hanya sekedar fasih dalam mengimplementasikan dari apa yang terkandung dalam jiwa Pramuka, namun pijakan agama juga harus kuat mengiringinya kemana pun langkah kaki mereka nantinya berjalan.

Bila kedua hal tersebut berjalan beriringan, rasa-rasanya negri ini akan mudah mempunyai seorang pemimpin yang dicintai segenap rakyatnya. Karena model pemimpin yang seperti inilah, rakyat akan tahu bahwa mereka akan dibawa kepada tujuan yang sebenarnya, yakni masyarakat yang BERKEADILAN dan BERKEMAKMURAN.

Ahh.. aku merindukan sekali pemimpin seperti itu..

Buat negri dan anak bangsa yang terluka, aku mendoakan disetiap sujud akhirku..

3 Comments

  1. allahuma aamiin

    emmm..jadi inget perjusami naek truk rame rame gitu, nenda bareng, jerit malam, api unggun

    masih ada ya di era sekarang ini, kemah bareng sabtu minggu gitu?

    ~~~~~~~~~

    Hal2 itu semua sptnya pernah dialami oleh mrk yg aktif dlm keanggotaan pramuka. Dan sbg anak2 dimasa itu, rasanya bahagia bnget bila bs bareng2 kemping dgn mmnggnakan alat transportasi smacam truk besar. Apalagi bila truknya terbuka atapnya.. wuihh.. asyiknya menerjang angin.

    Walau tdk sesering jaman dahulu, sptnya kemping ala persami msh ada deh..

Trims untuk komentarnya....