Bahasa Asing di Sekolah

Bukan hal yang mudah untuk mengucapkan kembali bahasa asing yang satu ini walau dahulunya bahasa asing ini pernah dipergunakan disekolahku. Ya.. sekolahku memang menggunakan mata pelajaran bahasa Perancis sebagai bahasa asingnya selain bahasa Inggris yang utama.

Beberapa sekolah SMA jamanku pada waktu itu memang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris. Biasanya masing-masing sekolah menerapkan kebijakan yang berbeda dalam hal ini. Satu sekolah ada yang menggunakan bahasa Perancis namun dilain pihak, ada juga sekolah yang menggunakan bahasa Jerman sebagai salahsatu mata pelajaran wajibnya.

Umumnya memang dua bahasa asing inilah yang kerap dipergunakan dimasing-masing sekolah SMA saat itu. Aku sendiri tak tahu mana yang lebih mudah dari kedua bahasa asing tersebut. Yang pasti sih, bahasa Inggris lah yang mungkin “lebih mudah” karena memang lebih familiar pengucapannya karena sejak tingkat SMP kita sudah menggunakannya.

Berhubungan dengan bahasa Perancis, ada salah satu lagu yang buatku cukup enak dan syahdu didengar ditelinga kita. Lagu ini dibawakan oleh Il Divo & Celine Dion yang berjudul “I Believe in You“. Cuma ada kekhususannya disini yaitu saat lirik lagu yang dibawakan oleh Celine, dia menggunakan bahasa Perancis didalamnya. Jadilah aku agak ‘jetlag’ menyanyikannya karena ilmu bahasa Perancis yang aku dapatkan dulu sewaktu SMA sudah banyak yang lupa. Mungkin hanya satu yang tidak akan pernah lupa dari bahasa asing yang satu ini, yaitu suara sengau atau dengung yang senantiasa harus terucap dari mulut kita.. :mrgreen:

Lonely

The path you have chosen
A restless road
No turning back
One day you
Will find you light again
Don’t you know
Don’t let go
Be strong
Follow you heart
Let you love lead through the darkness
Back to a place you once knew
I believe, I believe, I believe
In you
Follow your dreams
Be yourself, an angel of kindness
There’s nothing that you can not do
I believe, I believe, I believe
In you.
Tout seul
Tu t’en iras tout seul
Coeur ouvert
A L’univers
Poursuis ta quete
Sans regarder derri?re
N’attends pas
Que le jour
Se l?ve
Suis ton ?toile
Va jusqu’ou ton reve t’emporte
Un jour tu le toucheras
Si tu croix si tu croix si tu croix
En toi
Suis la lumi?re
N’eneins pas la flamme que tu portes
Au fonds de toi souviens-toi
Que je croix que je croix que je croix
Que je croix
En toi

Someday I’ll find you
Someday you’ll find me to
And when I hold you close
I’ll know that is true

Iklan