Belajar Motor

kartun01Rasanya belumlah lama saya bisa mengendarai sepeda motor. Tepatnya lima tahun silam (2005) disebuah dealer motor yang ada di kota Bogor, saya dan istri memesan sebuah motor Honda keluaran terbaru yang sesuai dengan budget yang ada di kantong. Alhamdulillah saya membeli cash saat itu karena tidak mau pusing terbebani oleh urusan kredit motor saban bulannya. Adapun jenis motor  yang saya beli adalah Honda Fit-X yang merupakan kelas termurah dibandingkan yang lainnya yang harganya dikisaran 11 juta keatas. Senang sekali rasanya saat itu karena inilah untuk pertama kalinya saya mempunyai motor apalagi saat itu saya sudah berkeluarga. 😆

Mengingat baru pertama kali mempunyai sepeda motor tentunya saya harus belajar terlebih dahulu untuk membawanya. Oleh karena itulah saya mencari lokasi yang pas dan cukup nyaman dan lokasi yang menjadi pilihan adalah Villa Kebun Raya. Saya sengaja memilih lokasi ini karena jaraknya tidak jauh dari tempat tinggal saya dan pastinya sedikit mengurangi beban malu saya karena belum bisa bawa motor saat itu. :mrgreen: Waktu itu yang mengajari adalah adik saya… tengsin-tengsin dah, yang penting tetangga gag ada yang ngelihat. 😆 Berbekal sering gowes sepeda yang memakai gear (6 speed) alhamdulillah 1-2 putaran saya sudah mulai bisa hingga akhirnya saya dilepas sendirian.

Seringnya saya gowes sepeda di jalan raya sedikit banyak membuat nyali saya tinggi untuk belajar motor. Ada yang lucu rasanya saat mendengarkan cerita pengalaman kawan-kawan yang lain yaitu saat pertama kalinya belajar motor. Ada yang ceritanya nyungsep lha karena terlalu dalam mainkan gas-nya, ada yang motornya nyelonong (saking grogi jadi lupa mana gas mana rem) atau ada yang sampai bingung gimana cara memberhentikannya (sampai-sampai kedua kakinya turun nyerosot di aspal… hadeuhh…mengesankan bukan?!

Pengalaman saya sendiri dalam belajar motor (bebek) terbilang mulus, alhamdulillah tidak seperti cerita yang dituliskan diatas karena dilatarbelakangi oleh pengalaman gowes dengan sepeda yang memiliki gear. Bila di sepeda memindahkan giginya lewat tangan sekarang dengan sepeda motor memindahkan giginya lewat kaki (kiri) sementara fungsi rem, sama-sama menggunakan tangan dengan tambahan lewat kaki kanan untuk sepeda motor.

Kunci dari semua itu tentunya adalah keberanian dan punya rasa percaya diri serta yakin bahwa kita bisa mencobanya. Buat yang masih takut-takut… just do it now ! 😉

Sumber gambar : ahfi-rizqi.blogspot.com

37 Comments

  1. Hihihi ini saya kepepet belajar motor karna anak tiap hari sekolah kl pke ojeg pp 40rb. Mending buat cicil motor. Akhirnya memberanikan diri ke jln raya akhirnya bisa dan lancar walau ada sedikit grogi. Kuncinya berani, yakin, dan berdoa pasti bisa

  2. Aduuhh.. Saya disuruh belajar motor nih sama mama. Tapi saya sebenarnya takut. Takut jatuh, takut kecelakaan, takut nabrak orang, takut ditabrak, aarrghh.. Banyak banget deh takutnya. Apalagi saya pernah nonton video yang kecelakaan tragis, jadi kebayang2 gituu 😦 Gimana dong solusinyaa.. Haduuh.. Mending jalan kaki aja deh saya mah..

  3. Saya dah bisa bawa motor tapi kal di jalan raya bawaannya gugup, takut nabrak dan ditabrak, trus pas di stopan orang2 suka nggak sabar nglaksonin, tambah sebeeel ada yang marah-marah karena jalannya terhalangi sama aku yg bawa motornya kayak kura-kura. Hmmm…

  4. kalo saya dulu belajar motor ga nyampe jatuh,hanya pas mulai praktek di jalan yang ramai,saya gugup sampe tangan saya keram. eh pas ada mobil yang klakson,saya berniat mengerem taunya saya malah tancap gas dan membuat saya kaget. fiuh…,benar-benar mendebarkan.hehehehe

  5. bru sempat berkunjung lagi ni sob. tapi maaf ya jika Andika pake rumah yg baru. hhe.. 😀

    Andika paling suka sama kata “sampai-sampai kedua kakinya turun nyerosot di aspal” nah ini peristiwa yg paling sering Andika lihat sob. sumpah lah, gokil abis :mrgreen:

Trims untuk komentarnya....