Hidung Tersumbat? Hirup Saja Uap Air Hangat

 

imagesHidung anda tersumbat? Hirup saja uap air hangat. Itulah yang saya lakukan beberapa jam yang lalu disaat tubuh agak sedikit demam, hidung mampat dan tenggerokan seperti sakit saat mau menelan.

Cuaca seperti sekarang yang terlihat begitu ekstrim dimana di siang harinya udara begitu panas dan sore harinya diguyur oleh hujan yang cukup deras, menuntut daya tahan tubuh seseorang harus senantiasa tetap terjaga dan prima sehingga nantinya diharapkan bisa menghalau virus-virus penyakit yang hendak masuk kedalam tubuh kita.

Sayangnya memang kemarin saya agak lalai dalam memberi asupan makanan kedalam tubuh ini, sehingga baru kehujanan sedikit saja, malamnya tubuh saya terutama sekali bagian hidung dan tenggerokan langsung bereaksi agak lain, yaitu hidung tersumbat disertai tenggerokan yang agak sakit untuk menelan. Untung saja kepalanya tidak ikut-ikutan pening karena memang gejala influenza seperti yang saya alami sekarang biasanya ‘satu paket’ (kepala-hidung-tenggerokan).

Tadi malam tentunya bukan hal yang menyenangkan buat saya, berada didalam tempat tidur ketika keadaan tubuh berasa agak lain. Mau berbaring ke kiri dan ke kanan seakan serba salah ditambah lagi dengan keadaan dalam kamar yang ac-nya harus selalu on karena mengingat anak saya yang balita tidak terbiasa dengan udara panas.

Sempat meminum sebutir Decolgen untuk menghindari pilek dan demam yang berkepanjangan, lantas saya teringat dengan petuah dokter kalau dalam posisi kurang enak badan seperti itu, banyak-banyaklah mengkonsumsi air hangat.

Segelas air hangat lalu saya minum sedikit demi sedikit dan disaat minum air hangat inilah tanpa sengaja saya menghirup uap hangat dalam gelas tersebut. Dan alhamdulillah.. uap air hangat inilah yang turut signifikan membuat saluran pernafasan di hidung yang tadinya sempat tersumbat akhirnya menjadi terbuka kembali.

Saat hidung kita tersumbat rupanya uap ai hangat dapat pula meringankannya. Makanya bila anda kebetulan mengalami gejala-gejala influenza, segeralah mengkonsumsi air hangat dan tentunya sesekali hiruplah uang hangat dalam gelas anda, insyaAllah gejala penyakitnya bisa diringankan bahkan disembuhkan secara berangsur-angsur.

Semoga bermanfaat !

Sumber gambar: http://www.klik77.com

10 Comments

Trims untuk komentarnya....

