Bangun Pemudi Pemuda !

sumpah-pemuda-kreatifSaya baru saja menginstall salahsatu lagu perjuangan didalam hape jadul saya yang muatan didalamnya sungguh energik, penuh gelora patriotik serta memuat pesan-pesan luhur buat para anak bangsa yang ingin membangun bangsa dan tanah air tercintanya.

Lagu karangan Alfred Simanjuntak  yang berjudul “Bangun Pemudi Pemuda” sangat relevan dinyanyikan pada saat ini yang sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang embrionya terjadi 85 tahun silam.

Alfred Simanjuntak yang dilahirkan 8 September 1920 di Tapanuli Utara yang masuk dalam provinsi Sumatra Utara, menciptakan lagu “Bangun Pemudi Pemuda” disaat usianya barulah 23 tahun saat itu.

Saat mana lagu ini dilahirkan (1943) tentunya kita mengetahui bahwa negri ini sedang berjuang sekuat tenaga dalam meraih kemerdekaannya yang hakiki dan seorang A Simanjuntak yang masa itu adalah seorang guru berhasil memompa semangat anak-anak muda saat itu dengan sentuhan lagu patriotiknya untuk tetap semangat dalam berjuang karena pada hakekatnya raihan kemerdekaan adalah manifestasi dari rasa nasionalisme yang kuat terhadap bangsanya sendiri.

Esensi dari sebuah syair lagu maupun syair-syair puisi dimasa perjuangan memang bagai pedang yang siap menghunus kaum penjajah kapan saja pada saat itu. Begitu pula halnya dengan gubahan lagu dari A Simanjuntak  yang nantinya berimplikasi kepada keselamatan hidupnya dikemudian hari.

Pihak penjajah Jepang lewat Kempetainya bukan tak menyadari lagu ciptaan dari A Simanjuntak dapat menggelorakan semangat perlawanan kepada penjajah Jepang saat itu sehingga kemudian Kempetai berusaha untuk “mengamankan” A Simanjuntak walau akhirnya tak pernah berhasil.

Lagu “Bangun Pemudi Pemuda” dari Alfred Simanjuntak sesungguhnya menurut saya merupakan karya brilian dimasanya. Jiwa masa-masa perjuangan bisa diimplementasikan dengan manisnya lewat sentuhan lagu mars yang menginginkan kepala ini nantinya tetap tegak walau terjangan peluru bertubi-tubi menerjang sekujur tubuhnya.

Buat kawan blogger yang ingin mendownload lagunya silahkan disini. Saya sengaja mendownload yang versi orchestranya karena auranya lebih ok

Selamat Hari Sumpah Pemuda… Jayalah Negriku, Indonesia !

Sumber gambar : aurapuzz.blogspot.com

Iklan

16 Comments

  1. Berani banget ya menciptakan dan menyebarkan lagu tersebut di tengah tekanan penjajah. Padahal A. Simajuntak masih muda banget. Semoga keberanian dan semangat positifnya bisa dicontoh oleh pemuda-pemuda sekarang. Bangun Pemuda Pemudi Indonesia!!

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s