Andalusia

image

Andalusia, sebuah nama yang indah dan mengingatkan kita sebagai Muslim akan kejayaan Islam saat itu, yakni saat dimana kekhalifahan Bani Ummayyah berhasil mencengkram ujung selatan negri Spanyol yang kala itu masih dibawa imperium Romawi.

Tersebutlah dua kota bersejarah bagi panji-panji Islam kala itu yang masuk dalam wilayah Andalusia, yaitu kota Cordoba dan Granada.

Siapa yang tak pernah mendengar nama mentereng Cordoba dan Granada. Cordoba diwaktu dianeksasi oleh Kekhalifahan Ummayah, menurut sejarawan dunia merupakan kota kedua terbesar setelah Konstantinopel (Byzantium) pada abad ke-10 M, yang selanjutnya menjadi kota pusat pemerintahan Dinasti Ummayyah. Sedangkan kota Granada dikenal dengan istananya yang elok nan megah, yakni istana Al Hambra. Tak aneh bila kemudian dua kota di Andalusia ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 1984.

Berkaitan dengan Andalusia, pada hari ini disana akan berlangsung seri balapan sepeda Vuelta a Andalucia yang melibatkan para pebalap sepeda papan atas dunia. Sayangnya minus pebalap ternama Spanyol, Alberto Contador yang pada waktu bersamaan lebih memilih seri balapan sepeda Tour of Algarve yang berlangsung di Portugal.

Vuelta a Andalucia berlangsung dalam 5 stages yang overall lebih “memihak” kepada para pebalap yang bertipe climber (raja tanjakan). Tahun lalu Chriss Froome (juara Tour de France 2015) berhasil mengalahkan rivalnya, Alberto Contador dengan margin waktu yang cukup tipis dalam kategori GC (General Classification).

Sambil menunggu waktu start Vuelta a Andalucia sore ini WIB, yuuk.. sama-sama kita intip video keren dibawah ini:

Sumber: Ruta del Sol, Vuelta Ciclista a Andalucía (Youtube)

Iklan

3 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s