Hmm.. “Pocket”, Asyiiknya !

Screenshot_2014-11-22-09-02-19

gambar 1

Ingin memberikan sedikit ilmu yang belum lama ini saya peroleh dari salah seorang blogger pengguna handphone Android. Hape Android yang sekarang saya pergunakan ini memang memberikan ‘sesuatu’ yang lain bagi saya. Bila ditanya harga mungkin bagi orang yang berkantong tebal, jenis hape saya mungkin dikatakan sebagai hape low-end dan bukanlah yang premium sekelas ‘apel groak’. Namun bagi saya sendiri, tak peduli mau dimasukkan kategori apa hape saya, yang penting mah, nyaman dipakainya. Okehh..

Berbicara tentang hape, dari dahulu semenjak menggunakan hape berbasis Java, saya memang terkadang suka mengutak-atik hp sehingga dari hal tersebut, saya bisa mengetahui kalau beberapa browser bisa ‘dibenamkan’ didalamnya. Maka tak aneh kalau kemudian di hp Java saya terdapat 2 browser yang bergantian saya pergunakan waktu itu, yaitu Opera Mini dan UC browser. Cuma karena status ‘Java’ dan spek dari hp saya tersebut masih rendah, jadi versi yang saya ambil dari kedua browser tersebut (Opera dan UC) tentulah yang standar. Namun walaupun mendapatkan versi yang standar, sudah cukup rasanya bagi saya dalam berinternet-ria saat itu.

Kini selain menggunakan hp berbasis Java, sekarang saya mencoba hp yang berbasis lebih tinggi lagi speknya, yaitu Android. Adapun dalam hal ini versi Android yang saya pergunakan adalah Jellybean (bukan yang barunya yahh..). Mengutak-atik hp yang berbasis Android tentulah tidak ‘sesulit’ seperti halnya hp yang berbasis Java karena didalam ‘koleksi’ Google Playstore (yang bejibun) kita tinggal mengambilnya secara gratis (walaupun banyak juga aplikasi yang berbayar) yang kemudian selanjutnya kita melakukan proses pengunduhan hingga berakhir pada pemasangan aplikasi tersebut.

Aplikasi yang baru saja terpasang di hp saya, yaitu aplikasi ‘pocket’ (read it later). Sebuah aplikasi gratis yang cukup ideal buat para user karena mampu membaca web secara offline. Jadi bila anda tidak sempat membaca suatu berita ataupun artikel dari sebuah web, maka pocket akan menyimpannya secara utuh (termasuk gambar didalamnya) yang nantinya bisa dibuka sekaligus dibaca oleh anda dalam keadaan ‘no connected’ dengan jaringan internet. Asyik bukan?!

OK.. untuk lebih jelasnya bagaimana tahapan dari sebuah web bisa tersimpan dalam sebuah ‘pocket’, mari kita lihat uraian singkat disertai gambar-gambar dibawah ini:

Screenshot_2014-11-22-21-45-53

 gambar 2

 

Screenshot_2014-11-22-21-47-23

 gambar 3

Screenshot_2014-11-22-08-52-29

 gambar 4

 

Screenshot_2014-11-22-09-00-52

 gambar 5

 

Screenshot_2014-11-22-09-01-11

 gambar 6

 

Screenshot_2014-11-22-08-53-32

 gambar 7

  • Pastikan anda menggunakan hp yang sudah berbasis Android saat ini.
  • Gambar 1 akan tampil bila anda sudah menginstal aplikasi pocket lewat Google Playstore, kemudian anda login lewat 2 opsi pilihan diatas. Bila anda sukses, tinggal kemudian anda mencoba menyimpan beberapa web kedalam pocket tersebut.
  • Gambar 2 merupakan navigasi dari browser Opera Mini, bila anda ingin menyimpannya kedalam pocket, pilih opsi  “Bagi”.
  • Gambar 3 akan muncul kemudian dan selanjutnya kliklah opsi “Add to Pocket”
  • Gambar 4 menunjukkan beberapa web yang telah berhasil disimpan dan bisa dibuka dan dibaca secara utuh saat anda tidak tersambung dengan jaringan internet (offline).
  • Gambar 5 adalah salahsatu contoh web yang sedang dibuka (lihat navigasi diatasnya)
  • Gambar 6 memperlihatkan sebuah web yang ingin disetting (besaran huruf, model font, menghapus, etc)
  • Gambar 7 adalah navigasi utama untuk mengatur file penyimpanan dari web anda.

Wahh… asyiik bukan?! Kalau banyak Web yang anda simpan tentunya saat pulsa internet sedang habis, anda bisa membacanya dalam keadaan offline.

Semoga bermanfaat !

Nb: Khusus buat yang belum tahu aja yahh.. buat yang udah tahu, kasih masukannya dong.. 😉

17 Comments

Trims untuk komentarnya....

