Penguntit Dunia Maya – Cyberstalker

en5092e0caMembaca berita belakangan ini tentang tindak pelecehan dan kejahatan terhadap kaum perempuan sungguh memprihatinkan para orangtua, terlebih lagi para orangtua yang mempunyai anak perempuan.

Para korban ( perempuan ) yang kebanyakan masih berusia muda ini atau kita sebut saja remaja abg telah menjadi korban para penguntit dunia maya ( cyberstalker ) yang usianya juga tidak jauh berbeda dengan usia si korban.

Cyberstalker” yang sebenarnya juga merupakan “korban” dari dunia maya itu sendiri ( yang bersifat sangat terbuka sekali ) tentunya ini semua tidak terlepas dari psikologi anak diusianya yang serba ingin mencoba dan serba ingin tahu. Dari psikologi anak diusianya tersebut kemudian diperparah dengan gaya berinteraksi remaja putri kita di dunia maya ( tentunya lewat sosial-media yang mereka gandrungi sekarang seperti facebook ) yang boleh kita katakan ‘telanjang‘ dan lugu. “Telanjang” disini saya maksudkan dalam menuliskan status di fb-nya, para remaja abg ini menginformasikan keadaan dirinya yang sebenarnya pada saat itu.

Hal inilah yang kemudian dijadikan celah oleh para penguntit dunia maya untuk secara bertahap mendekati si korban dan kemudian hanya dengan sekedar diiming-imingi gadget terbaru, si korban pun masuk dalam perangkap cyberstalker. Sangat disayangkan memang kalau anak-anak remaja kita lebih menggandrungi sosial media semacam facebook ketimbang dunia blogging misalnya yang lebih mengedepankan kemampuan berfikir.

Namun pada akhirnya sebagai orangtua, kita tidak bisa memaksakan kehendak kita begitu saja karena inilah jamannya yang mereka alami saat ini. Cukuplah memberikan arahan dan terus mengawasi mereka dengan tak segan-segannya berkomunikasi dikala senggang.

Terakhir, ada kutipan yang pas untuk komunitas dunia maya terlebih lagi buat para remaja putri… “jangan “telanjang” dan jangan terlalu lugu di dunia maya karena cyberstalker mengintai anda!” πŸ˜‰

Sumber gambar : www.abovetopsecret.com

Iklan

44 Comments

  1. hehehe suka ngamati juga status2 para abg di facebook. Kebetulan punya 2 ponakan abg yang klo bikin status membuat saya yang membacanya jadi risih.
    Mau kasi nasihat, dikira terlalu mencampuri, membiarkan aja kok rasanya turut andil membiarkan mereka terus-terusan kayak gitu. Serba salah deh jadinya

  2. lihat saja status fb para remaja putri sekarang..terlalu mudah bagi orang lain utk mengetahui kelemahannya,dan membuka peluang bagi orang lain utk menjahatinya.. *wuih..kalimatku juga terlalu lugu kayaknya.. πŸ˜€

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s