Musim Sunnatan

muslim kartunMusim liburan anak sekolah sudah dimulai. Ada kebiasaan yang dilakukan oleh para orangtua umumnya terhadap anak-anaknya yang masih duduk dibangku sekolah dasar, yaitu sunnatan (khitanan)

Ya…sunnatan merupakan salah satu proses dalam kehidupan seorang anak manusia yang mengaku dirinya muslim yang harus dijalaninya.

Berbicara tentang sunnatan tentu berbicara pula tentang seremonial didalamnya. Tentu banyak ragam seremonial sunnatan dari masing-masing daerah di nusantara yang kesemuanya mencirikan adat dan kebudayaan dari masyaralat desa itu sendiri.

Coba kita tengok misalnya di Jawa Barat, khususnya didaerah Subang. Didaerah ini biasanya anak yang disunat diarak dengan “sisingaan“, mengitari seputaran jalan yang tak jauh dari lokasi rumahnya.ย  Adat “sisingaan” ini pastinya dipakai oleh orang-orang yang memiliki strata ekonomi tinggi didaerahnya.

Bagaimana halnya dengan warga Jakarta? Nahh... khusus orang Jakarta, biasanya anak yang disunat cukup duduk manis di kursi raja atau merebahkan diri di bale-bale sambil sesekali tentunya dikipasi sama orangtuanya. ๐Ÿ˜†

Tingkat usia anak yang disunat, sejauh pengamatan saya ada juga perbedaannya dimasing-masing daerah. Diwilayah pedesaan di Jawa Barat, biasanya anak yang disunat usianya relatif masih kecil (usia balita). Bandingkan misalnya dengan di Jakarta, dimana tingkat usia anak yang disunat biasanya relatif sudah lebih besar (range usia 8-12 tahun).

Pada umumnya memang tingkat usia anak yang disunat tidak jauh dari usia sekolah dasar. Belum pernah rasanya saya mendengar ada anak muslim tingkat SMU yang belum disunat. Kalo ada kasih tahu ya… ada didaerah mana, biar nanti didata, sapa tahu nanti bisa ikutan sunnatan massal.

Rasanya agak lucu juga ya kalau memang ada anak yang sudah dewasa baru disunat (walo mungkin langka), ntar gimana jawabnya kalo ada kecil yang nanya, “sakit gag oom disunat.. ?! Buka dikit deh oom sarungnya… wkwkwk ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† :mrgreen: :mrgreen:

sumber gambar : siraja-kucing.blogspot.com

Iklan

15 Comments

  1. @Erit… biasanya anak seumuran SD

    @wi3nd… iyaa, ditempat sya lagi rame2nya orang sunatan malah minggu kemaren persis depan rumah ada layar tancep yg bikin susah tidur karena soundsystem dolby stereo kyk di gdng bioskop..

    klo buat sya, ukuran smp itu sudah mulai ada rasa malu.. he2X

  2. iyah benaar saat libur sekolah gini biasanya emang musim sunatan mungkin pas karna skalian liburan jd ga pake mbolos sekolah ya ๐Ÿ˜€

    dan biasanya SD ya tingkatannya,benerr sisingaan, pernah liat ๐Ÿ™‚

    tapi abang aku disunat pas SMP loh SMP klas 1 klo ga salah,akumah ga tau ga liat masih kecil jadi cuma suka karna dirumah rame aja tetangga pd dateng dan banyak makanan ๐Ÿ˜†

  3. @M A Vip… iya, gag jauh berbeda dgn saya

    @buburasem… wahh, udah pnya rumah baru nih.. congrat !

    @topics… untung gag keterusan ya sampai SMA.. he2X

    @DianRuzz… ayoo tulis hal lagi tentang sunatan, masih bnyak hal menarik didalamnya..

    @sabda awal… woww, masih ada ya.. #geleng2kepala

    @iraajummah… wuihh, masih kecil amat mb, mungkin yang ini cewek kali..

    @maya… iya banyak yang massal jga, murah meriah..

    sips… dengan senang hati, moga cepat rampung bukunya, ntar insyaAllah pesan buat kado.. o_0

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s