Antara Muara Karang dan Muara Angke

banjir-pluit-nelayan-raup-keuntungan-rp-4-juta-sehariKalau sobat WPers warga Jakarta tentunya sudah mengenal dengan dua lokasi yang merupakan judul dari postingan saya kali ini, apalagi kalau orangnya yang suka kelayapan. 😆

Terletak diujung utara Jakarta dan berada persis di bibir laut, makanya nggak aneh saat banjir besar kemarin di Jakarta, wilayah seputaran Muara Karanglah (Muara Angke termasuk tentunya) yang paling parah menerima dampaknya karena kedua wilayah inilah salah satunya di Jakarta yang paling lama surut banjirnya.

Bertetangga dekat dengan Muara Angke (MA) yang merupakan daerah langganan dari banjir rob (banjir pasang laut) dan sekaligus juga sebagai “tempat wisata” bagi para juragan ikan yang membeli ikan disana :mrgreen:(MA terkenal dengan pelelangan ikannya).

Bila melihat dari “kasta” (maaf kalau terpaksa menggunakan istilah ini), bolehlah kita menyebut warga MA sebagai kaum proletar sedangkan warga MK sebagai kaum borjuis-nya. Ini dengan melihat kehidupan dari warga MA yang kebanyakan besar didominasi oleh kaum nelayan (pendatang) terutama dari Pantura, seperti dari Indramayu ataupun Cirebon, sedangkan warga MK banyak didominasi oleh para “cokim” atau etnis China yang bila melihat kehidupannya terbilang mewah. Asumsi saya ini dengan melihat dari ciri fisik gedung-gedung rumahnya yang besar serta apa yang terparkir di car-spot rumahnya. Kita bisa melihat (kalau kebetulan ya… :lol:), mobil-mobil mewah macam Ferrari, Lamborghini ataupun Maseratti ikutan narsis menunjukkan status si penghuni rumah.

Namun banjir besar kemarin akhirnya membuat “kasta” itu pun lenyap karena warga MK seperti warga MA yang lainnya, bersama-sama telah disapa oleh air banjir.  Kaki-kaki putih mulus dan kaki hitam legam berjalan beriringan menembus dinginnya air banjir.  Ahhh…indahnya persamaan itu !!! 🙂

Semoga tahun-tahun mendatang kita tidak akan mengalami lagi hal yang seperti ini… aamiin !

sumber gbr :http://www.merdeka.com/

Iklan

4 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s