Kota Apeldoorn

image

Tahukah anda bila kota Apeldoorn yang terletak di negri Belanda dijadikan sebagai kota pembuka dalam gelaran Giro d’Italia 2016 hari ini. Rupa-rupanya pihak penyelenggara lomba mengikuti jejak Grand Tour lainnya, yakni Tour de France yang pada edisi 2015 silam, juga mengambil kota di negri Belanda, yakni Utrecht sebagai kota pembukanya.

Bukan kebetulan memang bila kota-kota di negri Belanda tersebut dijadikan sebagai kota pembuka dari hajatan lomba sekelas Grand Tour.

Seperti diketahui bersama bahwa negri Belanda adalah surganya bagi para pesepeda. Infrastruktur yang dibangun disana begitu lengkapnya, baik itu yang berupa jalan/jembatan (khusus buat para pesepeda), rambu-rambu lalulintas hingga tempat-tempat parkir sepeda yang dibangun secara modern. Kesemuanya ini tentunya memberikan kenyamanan yang cukup berarti bagi para pesepeda di negara tersebut maupun pelancong dari luar Belanda.

Kota Apeldoorn yang nanti sore menjadi pusat perhatian penggila balapan sepeda dunia, bila melihat teritorialnya adalah masuk dalam provinsi Gerderland yang posisinya terletak ditengah bagian timur dari negri Belanda. Kota Apeldoorn sendiri merupakan kota besar di provinsi Gerderland bersama-sama dengan kota Nijmegen. Adapun ibukota dari propinsi Gerderland adalah Arnhem.

Ketiga kota tersebut, yakni Apeldoorn, Arnhem dan Nijmegen yang terletak di propinsi Gerderland ini dalam tiga hari kedepan (tiga stage awal) akan menjadi riuh ramai dengan perhelatan Giro d’Italia sebelum nantinya para rider bertolak ke negara Italia di hari selasa lusa.

Berkaitan dengan propinsi Gerderland, mungkin nama Johannes van den Bosch (mantan Gubernur Jendral Hindia Belanda) cukup familiar ditelinga kita karena torehan aibnya bagi negri kita Indonesia. Di propinsi inilah van den Bosch dilahirkan.

Kembali ke kota Apeldoorn, venue yang terpilih dalam Giro d’Italia ini sudah barang tentu mempunyai karakteristik yang bernilai jual tinggi terhadap lomba itu sendiri. Memang lomba sekelas Grand Tour, nilai jualnya sudah cukup tinggi. Namun menjadi lebih sempurna lagi bila venue yang terpilih dapat memberikan kepuasan buat para pebalap maupun penontonnya.

Penasaran dengan kota Apeldoorn? Silahkan tengok video dibawah ini:

Sumber: leadinglady19 (Youtube)

Iklan

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s