Peloton

image

Peloton dalam dunia balap sepeda sering kita lihat terutama sekali  pada lomba balap sepeda nomor jalan raya. Peloton sendiri adalah istilah dari sekelompok besar (rombongan) para pebalap sepeda yang saling menempel ketat antara pebalap yang satu dengan yang lainnya.

Adapun keuntungan dari pebalap yang berada didalam peloton yakni dapat menyimpan tenaganya hingga 40 persen. Tentunya ini bukanlah hal yang mengada-ada karena memang mengayuh sepeda dalam sebuah kelompok besar, seperti tak terasa lelahnya dibandingkan misalnya dengan mengayuh sepeda sendirian. Tidak percaya? Coba saja anda rasakan saat bersepeda nanti.

Ada keuntungan pastinya ada pula kerugian yang mengiringinya walau nampak keuntungan berada didalam peloton tetap lebih besar dibandingkan dengan kerugiannya saat berada diluar peloton.

Kerugian berada didalam peloton mungkin kita bisa ambil contoh pada stage 3 Tour de France 2015. Bila kita melihat videonya, nampak para pebalap yang berombongan (peloton) sedang melahap trek lurus mendatar dengan speed yang konstan (baca: kencang) dan saling menempel ketat. Tiba-tiba terlihat salah seorang pebalap menyenggol pebalap lain yang berada disampingnya. Tak ayal bila kemudian terjadi crash brutal yang melibatkan banyak pebalap didalamnya.

image

Selanjutnya sudah bisa dibayangkan dengan tabrakan beruntun yang terjadi diantara para pebalap sehingga memaksa panitia lomba menghentikan dulu race-nya untuk beberapa saat.

Capture: youtube

Iklan

10 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s