Donlot Foto Lewat Wiki

St. Moritz

Foto diatas yang saya jadikan wallpaper di desktop jadul saya merupakan salahsatu dari sekian banyak koleksi foto yang saya peroleh lewat hasil download dari website yang cukup popular sekali di dunia ini, yakni Wikipedia. Sebuah website yang sekaligus merupakan kamus pengetahuan yang selalu dijadikan referensi oleh orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan.

Sekedar menambah pengetahuan buat kita, foto diatas berlokasi di negara Swiss, yaitu tepatnya di daerah St Moritz yang merupakan kota peristirahatan terkenal yang menjadi destinasi kaum high class dan juga golongan jet-set internasional. Daerah St Moritz sendiri berada pada pertemuan puncak tertinggi dari pegunungan Alpen yang berada disebelah timurnya. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin, yaitu pada 1928 dan 1948. St Moritz juga terkenal sebagai salahsatu ski resorts-nya paling mahal didunia (Wikipedia).

Dalam postingan “Menikmati Foto” sebelumnya, saya memang menggunakan laman Facebook khusus yang memuat gambar/foto-foto terindah yang ada didunia ini. Hanya bila saya mau membandingkan dengan foto-foto koleksi dari Wiki, justru yang terakhir inilah yang menurut saya lebih ok dalam menjelaskan sesuatu hal dari foto yang dimaksud. Sebuah foto dari Wiki akan menghasilkan banyak referensi lain yang bisa dikupas didalamnya. Banyak sekali link-link didalamnya yang bertautan satu sama lainnya sehingga secara tak sadar kita diajak untuk belajar dan belajar dari fakta-fakta pengetahuan yang terurai tersebut.

Screenshot_2014-11-12-06-21-27Khusus untuk hape jadul saya, hasil donlot dari Wikipedia memudahkan saya dalam pencatatan terhadap foto yang dimaksud. Disini saya tidak perlu lagi untuk mengganti nama foto yang baru saja didonlot karena biasanya nama filenya sesuai dengan nama fotonya. Lain halnya bila foto tersebut didapat dari hasil donlot lewat FB, disini saya biasanya harus mengganti nama file (setelah proses donlot selesai) tersebut agar nantinya saya tidak kehilangan ‘petunjuk’ dari foto yang ada.

Untuk ukuran file foto yang saya ambil biasanya 1280 x 853 pixel, dimana besaran  ukuran tersebut mampu memenuhi ruang layar didesktop saya (lihat gambar paling atas). Kenapa saya tidak mengambil ukuran yang original file (yang paling besar)? Itu karena satu alasan ! Pada handphone jadul yang saya pegang, ukuran original file dari Wiki cukup besar, yaitu bisa mencapai 2 MB bahkan lebih. Coba bandingkan dengan  besaran ukuran dibawah original file, dimana biasanya  tidak lebih dari 400 kb. Hmm… cukup menghemat bukan?! 😆

Mumpung Wikipedia masih ‘open source’ terhadap konten didalamnya (termasuk gambar/foto), gimana kalau mulai dari sekarang kita koleksi foto-foto indah didalamnya… Setuju ?! (ntar nih tulisan dibaca ama admin Wiki, besok-besok gambar/fotonya diblok dah.. :mrgreen:

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/St._Moritz

14 Comments

Trims untuk komentarnya....

