Kota Tha’if

Kota Tha’if.. pagi itu aku menuju kesana disaat mentari sudah menghangat disegenap penjuru kota Mekkah. Disepanjang jalan yg kulalui, masih banyak ‘barisan putih2’ disana-sini yang berjalan dengan penuh keoptimisan hidup. Aku masih menatap mereka dari dalam bus yang berjalan lambat-lambat karena ‘kemacetan’ didalam pusat kotanya.

Kota Tha’if sebuah kota yang cukup dingin layaknya kota-kota didaerah pegunungan di negri kita macam daerah Puncak Bogor ataupun kota Batu di Malang, memaparkan sejarah kisah Nabi besar kita Muhammad SAW yang cukup menguras airmata kita sebagai pengikut setianya. Inilah sebuah kota yg membuat Rasulullah bersedih teramat mendalam karena semua penduduk di kota Tha’if selalu mengejek dan mengganggu Rasulullah terhadap apa-apa yang disampaikannya. Tak hanya orang-orang tua yang berbuat hal-hal yg membuat sedih Rasulullah, namun anak-anak kecil di kota Tha’if pun turut mengejek dan menggangu Rasulullah.

Dalam kesedihan yang teramat mendalam itulah, Malaikat menawarkan kepada Rasulullah agar Rabb meruntuhkan gunung-gunung yang berada diseliling kota itu agar membinasakan semua penduduk di kota Tha’if. Lalu apa jawab Rasulullah? Biarkan mereka mengejek dan mengganggu ku.. aku mendoakan agar kelak anak cucu mereka beriman kepada Rabb Yang Maha Kuasa…

MasyaAlloh.. begitu luhur dan pemaafnya Rasulullah. Mau memaafkan orang-orang yang telah membuatnya bersedih hati. Dan kini.. penduduk kota Tha’if dikenal sebagai satu dari kota yang penduduknya sangat beriman kepada Alloh dan Rasulullah. Doa Rasulullah yang telah didengar Rabb sang pemilik Arasy.

******

2 Comments

  1. masya allah,Alhamdulilah ke thaif, jadi terbayang saat baginda Rasul disana ya..*jadi melow

    ~~~~~~~~~
    Alhamdulillah.. sya diberi kesempatan oleh Rabb utk singgah disana..@harumhutan.

    Diperjalanan itu ustad pembimbing menceritakan bgmn kesedihan yg mndalam pd diri Rasulullah SAW. Sya lntas buat coretan sdkt d hape smpai gag terasa mata jdi ikutan basah. Sangat menyentuh sekali memang terlebih ini umroh sya yg pertama kali (dan smoga bkan yg terakhir). Akhirnya mmg benar2 mellow bila mengingat kota yg sejuk ini (Thaif).

    Trims sdh singgah kembali😊👌.

  2. Wah..beruntung sekali bisa ke Thaif. Jamaah Haji dan Umroh tidak boleh kesana meskipun keinginan membuncah. Itu rezeki anda..selamat…

    ~~~~~~~~
    Alhamdulillah.. sya bru tahu kalo jamaah haji dan umroh tdk serta merta bs mmpir di kota Tha’if. Mungkin krn pemilik travel yg sya ikuti ada ddlm rombongan (sekaligus pembimbing utk yg akhwatnya). Pantas sja kebanyakan yg mmpir di Tha’if kebanyakan jamaah dr negri Jiran, Malaysia.

    Trims kawan !

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s