Rumah Elok.. Sayangnya..

Rumah itu menurutku sangat artistik. Penghuninya sepertinya mempunyai jiwa seni yang cukup kuat, itu nampak dari ornamen maupun asesoris pada bangunan rumahnya yang cukup elok dipandang.

Di malam hari rumah ini terkesan romantis dengan romansa cahaya lampu pijar yang berukuran kecil pada beberapa sisi bangunannya.Lampu-lampu itu tidak menggantung, namun ‘tersembunyi’ dalam ruang-ruang kecil (downlight), layaknya lampu-lampu di hotel-hotel maupun apartemen. Sementara itu pada pintu utama, didinding kiri-kanannya terdapat lampu model eropa. Sedikit mengingatkan ku akan film anime series Jepang –Heidi, Girl of the Alps– yang bersetting di negri Swiss ataupun anime series Remi, Nobody’s Girl yang bersetting di negri Prancis.

Sesekali aku bertemu dengan penghuninya. Seorang lelaki yang telah diujung senja dengan rambut yang sebagian besar sudah memutih. Lelaki tua ini sangat ramah dengan ku. Selalu menyapa bila kebetulan aku melewati rumahnya. Lelaki tua yang semakin bijak dan ramah fikir ku. Begitulah yang seharusnya.

Dia selalu sendirian bila menengok rumahnya itu, tanpa ada seorang pun yang mendampinginya. Rumah elok itu memang selalu kosong hari-harinya, hanya lelaki itulah yang kadang menengoknya. Itu pun hanya dalam beberapa bulan sekali dia datang. Tak tentu pastinya.

Aku selalu melewati rumah ini karena posisinya yang mengarah ketempat ku beribadah, mushala diujung sana. Terkadang aku berfikir, kemana kah saudara-saudaranya atau keluarga dari lelaki tua ini hingga rumah begitu elok dibuat hening seperti itu tanpa ada suara-suara anak manusia?!

Kembali aku melewati rumah elok itu.. layaknya hari-hari kemarin, rumah itu tetap hening hanya lampu-lampu pijar diluarnya yang tetap menyala, seolah menandakan si penghuninya masih ada.. entah dimana..

*****

Gambar

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s