Paltuding

image

Untuk orang Banyuwangi sekitaran maupun siapa saja yang pernah menjejakkan kakinya di Taman Nasional Kawah Ijen, nama Paltuding mungkin sudah pada mengetahuinya.

Spot Paltuding merupakan jalur yang berawal dari pintu gerbang masuk hingga terus mengarah ke Gunung Ijen tempat dimana kawah Ijen berada. Adapun jarak dari Paltuding hingga titik puncak Ijen adalah sekitar 3 km dengan medan yang cukup berat karena menanjak.
Tanjakan antara Paltuding hingga puncak Ijen sendiri merupakan jalur yang nantinya bakalan dilalui oleh para pebalap sepeda yang meramaikan gelaran lomba Tour de Ijen 2016 yang akan dimulai esok hari (11-14 Mei).

Banyuwangi Tour de Ijen untuk tahun ini memasuki edisi yang kelima dengan menempuh jarak 500 km lebih dari 4 stage yang diadakan.

Jalur Paltuding merupakan jalur terberat buat para riders karena tanjakannya cukup ekstrem dimana sudut kemiringannya mencapai 45 derajat (Wikipedia).

Mengingat konsep dalam lomba Banyuwangi Tour de Ijen 2016 adalah Sport and Tourism, maka sebagian besar rute yang dilalui oleh para pebalap akan melalui destinasi wisata yang ada disana.

Kawah Ijen yang menjadi primadona destinasi dalam lomba balapan sepeda ini memang terkenal dengan kawahnya yang mempesona di waktu malam, dimana memancarkan cahaya yang berwarna biru (blue fire) dan didunia hanya di Eslandia yang menyamai cahaya kawah Ijen.

Iseng-iseng lihat di Youtube, rupanya video teaser dari Tour de Ijen 2016 sudah ada lho.. tengok saja videonya dibawah ini:

Video: International Tour de Banyuwangi Ijen (Youtube)

Iklan

6 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s