Bengkulu


Aku hanya tahu kota ini sebagai tempat kelahiranmu. Ya.. Bengkulu. Sebuah kota yang sekaligus juga merupakan ibukota dari propinsi Bengkulu yang terletak di pulau Sumatra. Satu dari beberapa pulau besar di negri ini yang belum pernah aku jejaki hingga saat tulisan ini kubuat.

Aku iri sebenarnya dengan Ibnu Battutah, sang penjelajah Muslim yang terkenal itu. Berani mengarungi samudra dengan tekhnologi masa lampaunya yang tentu tidak secanggih di masa sekarang. Namun nyatanya dia sanggup dan kini namanya masyhur diseantero dunia.

Aku sedikit terhibur, walau hanya 10 hari, aku pun sebenarnya pernah mengikuti jejak Ibnu Battutah, yakni ‘menjelajahi’ dunia dengan burung besi untuk pertama kalinya. Aku sempat transit di Oman hingga tujuan akhirku sebenarnya, yakni Tanah Haram.

****


Kamu lahir di Bengkulu, namun darahmu tetaplah orang Minang karena kedua orangtuamu berdarah Minang asli. Itu yang pernah kau ceritakan kepadaku diawal-awal kita berkenalan.

Bersyukurlah kau mempunyai darah Minang, sebuah negri yang banyak melahirkan pemikir-pemikir hebat yang darinya kita banyak belajar arti kemerdekaan yang sesungguhnya, jauh dari apa yang kita rasakan sekarang.

Bung Hatta, Sutan Syahrir, Muh Yamin serta Buya Hamka, mereka mungkin adalah tokoh-tokoh idola dari orangtuamu dahulu, sehingga kejujuran menjadi hal yang prinsip dalam segala halnya.

Aku pernah mendengar ceritamu perihal kejujuran orangtuamu. Seorang pegawai negri yang terbilang tidak kecil (instansi keuangan) yang mampu hidup sederhana jauh dari kata mewah.

Kini.. buah itupun jatuh tak jauh dari pohonnya. kamu pun mempunyai idealisme yang serupa dengan orangtuamu, yakni selalu menjunjung tinggi kejujuran dimanapun tempat bekerjanya.

Happy milad say.. 👌👌

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s