Marbot Mesjid

Dia marbot di mesjid yang tak jauh dari rumah ku. Perawakannya pendek dengan badannya yang sedikit gempal. Pak Nasir sering memanggil nama depannya saja, Yus.. sehingga aku pun menyebutnya demikian.

Selain menjadi marbot mesjid, dia juga menjalankan profesi sebagai penarik ojol alias ojek online dimana dia bernaung dalam bendera Grabbike sama halnya seperti diri ku. Yang membedakan denganku mungkin dari segi ritme nariknya, dia saban hari, sementara aku agak santai nariknya alias buat sambilan aja.

Setiap masuk waktu sholat, Yus lah yang mengumandangkan adzannya. Lantunannya sendiri tak terlalu bagus dan tak terlalu jelek, standar saja suaranya. Sudah bisa dicirikan bila lantunan adzan bukan dari dia, sepertinya Yus masih sedang beroperasi di jalan alias narik ojol. Namun Yus cukup profesional dalam menjalankan kedua hal tersebut (marbot dan penarik ojol), sebisa mungkin dia tak ingin mengecewakan Pak Nasir selaku sesepuh mesjid yang mempercayainya sebagai marbot.

Mengingat imam mesjid yang memang tak tergantikan dari Pak Nasir, Yus harus pandai-pandai memainkan waktu ikhtiarnya agar semua berjalan baik sesuai dengan proporsinya. Tugas melantunkan adzan harus tetap menjadi prioritasnya. Kalau pun ada sesuatu hal yang membuatnya absen dalam melantunkan adzan pada saat itu, bolehlah ini kita sebut force majeure nya dia (hal yang memang tak bisa dielakkan).

Seringkali memang bila Yus sedang absen melantunkan adzan, suara Pak Nasir lah yang menggantikan. Untungnya saat iqamat menjelang sholat, ada orang lain yang melantunkannya. Tidak lucu rasanya bila Pak Nasir yang memang selalu menjadi Imam kemudian harus adzan dan sekaligus iqamat. Namun sejauh ini hal tersebut setahu ku belumlah pernah terjadi karena jamaah mesjid disana selalu ada saja yang datang memenuhi panggilan-Nya.

Gambar

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s