Dari Park-Chung ke Owi-Butet

all englandPenggemar bulutangkis tentunya mengenal legenda hidup asal Korea Selatan yang bermain di nomor ganda (ganda putra/ganda campuran). Ya.. dialah Park Jo Bong, yang kini merupakan pelatih kepala bulutangkis di negara Matahari Terbit, Jepang.

Park Jo Bong yang permainannya begitu trengginas dan sangat solid baik itu dalam menyerang maupun bertahan berpasangan dengan rekannya Kim Moon So. Inilah pasangan yang selalu menjadi momok bagi pasangan ganda lainnya termasuk dari Indonesia tentunya.

Legendarisnya duo Korsel ini mungkin bisa disejajarkan dengan legenda ganda putra asal Indonesia yaitu Tjuntjun-Johan Wahyudi, Ricky-Rexy ataupun duo ganda dari China, yaitu Tianbingyi-Li Yong Bo.

Pasangan ganda kelas dunia diatas selalu membawa ketegangan bagi masing-masing penggemarnya saat bertanding. Kita bisa menyaksikan aliran shuttlecocks, baik itu netting tipis, drop shot, lob serang, jumping smash, adu drive maupun backhand smash begitu menyihir penontonnya. Tak jarang poin yang didapat pun saling kejar-mengejar. Dan semuanya berlangsung begitu cepat sekaligus atraktif.

Kepiawaian Park Jo Bong di ganda putra kemudian berlanjut di nomor ganda campuran, dimana dia berpasangan dengan Chung Myung Hee. Pasangan inilah yang kemudian untuk pertama kalinya menjuarai turnamen All-England secara hattrik, yaitu dari tahun 1989-1991

Tidak ingin negara-negara lain terus membuat sejarah di Turnamen bergengsi ini (All-England), Minggu kemarin pasangan ganda campuran Indonesia, yaitu Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil gilang-gemilang menumbangkan duo ganda campuran asal China dengan 2 set langsung. Pencapaian Owi dan Butet (panggilan akrab Tontowi-Liliyana) di Turnamen All-England kali ini sekaligus menyamakan rekor hattrik yang dipegang oleh Park Jo Bong-Chung Myung Hee. Dengan hattrik tersebut, pasangan Owi-Butet menjadi pasangan ganda pertama dari Indonesia yang mampu menjuarai turnamen prestisius sekelas All-England ini. Luar biasa!

Diolah dari berbagai sumber

sumber foto: http://olahraga.kompas.com/

Iklan

10 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s