Pelajaran Sejarah Mengantuk?! “Ahh.. masa!”



Masih sekolah? Atau masih kuliah? Dan seringkali mengantuk bila ada guru atau dosen menerangkan pelajaran sejarah? Anda tidak sendirian !! :mrgreen:


Pelajaran/mata kuliah sejarah mungkin satu dari beberapa mata pelajaran di sekolah yang suka membuat kantuk siswanya. Terlebih bila semalamnya siswa tersebut asyik begadang karena ada live pertandingan sepakbola dilayar kaca (ya iyalah.. orang begadang pasti mengantuk).


Rasa kantuk yang kerap melanda beberapa siswa (saya sebut beberapa karena sebenarnya banyak juga siswa yang tetap interest dengan apa yang disampaikan oleh guru sejarahnya) bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya sebut saja gurunya membosankan cara mengajarnya alias datar-datar aja dan terlalu text-book, atau mungkin juga dari awalnya si siswa sudah tidak suka dengan pelajaran sejarah.


Untuk siswa yang awalnya memang sudah suka dengan pelajaran sejarah, sepertinya dia tidak terlalu perduli dengan gaya mengajar sang gurunya. Lain halnya tentu dengan siswa yang memang sudah tidak suka, dimana sangat menuntut kreativitas yang lebih dari sang guru agar pelajarannya (sejarah) tersebut dapat menarik dan membuat suka siswa pada akhirnya.


Saya sendiri sewaktu masih berseragam sekolah jujur saja lebih memilih-milih sejarah apa yang sedang dibahas pada saat itu di kelas. Bila sedang membahas sejarah perang kemerdekaan, pembrontakan PKI, sejarah dunia (Perang Dunia I dan II), saya pasti anteng menyimak sang guru menerangkan. Namun bila yang sedang dibahas tentang sejarah asal-usul manusia (tentang ‘homo2an’ kayak Pithecanthropus, Sapiens), sejarah kerajaan jaman dulu, yang model seperti ini biasanya saya kurang anteng menyimak dan lebih sering asyik menikmati coretan-coretan gag jelas di buku. Entah itu coretan berupa gambar sketsa (asal-asalan) atau coretan berupa huruf-huruf modifikasi (yang juga asal-asalan). 😆


Namun kini buat anda generasi millenia yang mungkin saja termasuk satu dari sekian orang yang kurang doyan dengan hal-hal yang berbau sejarah bisa memanfaatkan audio-videonya lewat saluran Youtube.


Ilmu (sejarah) yang diambil via tontonan dokumenter ini dijamin insyaAllah akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa kantuk karena sesungguhnya dalam tontonan video dokumenter ini, kita seakan dibawa pada masa itu. Masa dimana orang-orangtua kita sendiri belumlah lahir.


Soal bahasa dalam video dokumenter yang saya pilihkan, yakni tentang Perang Dunia I-II jangan khawatir karena sudah dialihbahasakan ke bahasa Indonesia dengan kualitas gambar (dokumenter) yang cukup bagus.


Nantinya didalam video dokumenter ini kita akan mempelajari unsur-unsur penyebab pecahnya PD 1 (kalau di sekolah mungkin kita hanya tahu penyebabnya yakni saat pewaris tahta kekaisaran Austria-Hongaria, Franz Ferdinand tertembak mati di Sarajevo-Serbia) saat kunjungannya kesana. Namun jauh penyebab itu, terbentuknya beberapa aliansi negara (sebutlah geng2an) yang beriringan dengan perlombaan senjata dan dendam kesumat dimasa lalu merupakan benih-benih yang “memuluskan” pecahnya perang tersebut.



Ternyata cukup menarik bukan sejarah itu?! Nahh.. buru-buru deh tonton videonya, jangan lama-lama dianggurin, ntar keburu lenyap lho videonya. Sayang kan?! (Kalo masih ngantuk juga nontonnya, ambil cabe rawit aja 5 biji. 😆 :mrgreen:

Sumber: Zelman Hafizh (Youtube)

Iklan

7 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s