Ada “Langkah” Alexander di India

Tak banyak olahragawan yang mau berhenti di puncak karirnya hingga kemudian mengambil posisi sebagai pelatih catur disebuah Negara. Dialah Alexander Goloshchapov, salah seorang GM (Grand Master) terkuat yang berasal dari Ukraina yang melakukannya.

GM Alexander Goloshchapov mengambil kepelatihannya di negara yang menurut dia sendiri adalah salah satu negara terkuat dalam permainan catur dan juga mempunyai talenta-talenta yang cukup menjanjikan.

chesshttp://www.dnaindia.com

Mungkin kita masih ingat dengan sang flamboyan GM Viswanathan Anand yang belum lama ini gelarnya sebagai Juara Dunia Catur telah direbut oleh “Young Guns” asal Norwegia, yaitu GM Magnus Carlsen. Anand lah orang Asia pertama (kategori putra) yang menyandang gelar Juara Dunia Catur sebanyak 5 kali. Anand menyandang gelar ini sejak tahun 2007 silam.

Apakah negri India akan habis hegemoninya setelah Anand kehilangan gelarnya? Tunggu dulu, GM Alexander Goloshchapov yang menjadi pelatih professional catur di India sejak tahun 2007 ini telah menelurkan pecatur-pecatur hebat. Sebut saja GM Parimarjan Negi yang merupakan pecatur muda kedua didunia yang menyandang gelar GM (2006), Shiven Khosla yang merupakan Master Internasional termuda di India serta juga GM Vaibhav Suri.

Menurut GM Alexander Goloshchapov, catur bukan hanya sekedar hobi namun harus lebih dari itu. Bila ingin melihat talenta-talenta muda menjadi pecatur-pecatur yang hebat dan kuat tentunya harus disupport secara maksimal oleh pemerintah/akademi di negrinya. Inilah salah satu keberhasilan dari Negara India yang tak pernah kehabisan dengan pecatur-pecatur berbakat karena memang dukungan dan dorongan sepenuhnya selalu diberikan secara maksimal oleh negaranya.

Lebih lanjut GM Alexander Goloshchapov mengatakan seperti yang dikutip dari dnaindia.com, “Uni Soviet (sekarang sudah bubar dan pecah membentuk negara-negara merdeka sendiri, salah satunya Ukraina) memiliki beberapa sekolah catur yang cukup besar dan tradisi caturnya juga cukup kuat. Olahraga adalah bagian yang sangat penting dari perkembangan kami dan kami didukung dengan sangat baik disana. Di masa kanak-kanak saya, misalnya, anak-anak memiliki kondisi yang bagus untuk tumbuh. Mereka memiliki dukungan besar di tingkat negara bagian dan kami bermain banyak di turnamen secara gratis. Semuanya dibayar oleh negara. Semua orang bisa bermain catur – apakah Anda kaya atau dari keluarga miskin – olahraga sangat mudah tersedia untuk semua orang “.

Generasi tua tidak belajar permainan melalui komputer. Jadi mereka lebih kuat dalam dasar-dasar mereka. Saya memberitahu anak-anak untuk mencoba semua inovasi mereka di rumah. Mereka dapat merujuk ke komputer jika diperlukan untuk melihat apakah permainan mereka benar, tetapi Anda tidak harus tergantung pada mesin, “katanya kemudian.

Sangat menarik memang menunggu tangan dingin dari GM Alexander Goloshchapov dalam melahirkan pecatur-pecatur hebat di India. So.. apakah negara kita Indonesia mau meniru seperti apa yang telah disampaikan oleh sang pelatih diatas? Mari kita tanyakan saja sama rumput yang bergoyang..

sumber dan gambar: http://www.dnaindia.com

Iklan

22 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s