Belajar Lewat Wallpaper

Handphone boleh jadul tapi dalemannya haruslah sedikit ‘sexy’ atau istilahnya tampilannya tidak boleh kalah dengan hape-hape yang premium sekelas smartphone.

Kalau mengacu pada status yang tersemat di handphone saya, memang istilah jadul sangat relevan sekali. Coba saja lihat, handphone saya masih sekelas handphone “Java”. Suatu istilah penamaan (Java) yang pastinya akan mengingatkan kita pada jaman kompeni Belanda lewat EIC-nya yang pernah menguras habis kekayaan alam Indonesia.

Disaat orang-orang kini sudah asyik ber-android ria lewat ‘Ice-cream’, ‘Jelly Bean’ maupun ‘Kit-Kat’nya, saya cukup ber-asyik ria dengan ‘Java’nya (cuma Java doang lho… gag ada embel-embel lainnya) :mrgreen:  dengan layar yang cukup mungil, yaitu 2.4 inch (jereng.. jereng dah.. hahaha) 😆  tapi Alhamdulillah.. lewat Opera Mini yang saya download, settingan font-nya bisa saya besarkan.. horree.. (bernafas lega.. fyuhh..).

Bersyukur sekali handphone jadul saya sampai detik ini masih bisa menyenangkan tuannya dengan kinerja download-nya yang cukup memuaskan. Apalagi belakangan ini saya sedang asyik-asyiknya mengkoleksi foto-foto dari berbagai belahan dunia sebagai media pembelajaran bagi anak saya.

Yahh.. benar sekali, media berupa foto yang kita sematkan sebagai wallpaper di pc/desktop bisa dijadikan salahsatu media pembelajaran bagi anak-anak kita nantinya sebelum mereka asyik didepan desktopnya untuk bermain games yang mereka sukai.

Cukuplah kartu memori 2 GB sebagai media penyimpanan foto-foto tersebut yang nantinya bisa memanjakan sekaligus membawa imajinasi anak terhadap kota-kota yang sedang diamatinya.

10013442_946993391981139_3908357610844801970_o

Hmm.. Venesia

Sehari satu wallpaper menurut saya sudah cukup sebagai awal untuk membuka komunikasi dengan anak sebelum mereka asyik dengan dunianya. Seperti kemarin, saya sengaja memasang foto kota Venesia yang berada di teluk Venesia di laut Adriatik yang disebelah timurnya berbatasan dengan negara Kroasia dan Slovenia.

Venesia

salahsatu sudut kota Venesia dengan gondolanya yang sedang merapat

Untuk mempersiapkan jawaban tatkala anak-anak kita bertanya terhadap foto yang akan dilihatnya, pastinya sebagai orangtua kita harus sudah siap. Yahh.. minimal tahulah kalau Venesia itu berada di negara Italia dan berada disisi lautan. :mrgreen:

Lebih ideal lagi dalam pembelajaran melihat foto tersebut, kita juga memperlihatkan petanya kepada anak sehingga anak semakin tahu dengan posisi negara-negara disekitarnya dan juga membandingkan posisinya dengan negaranya sendiri, Indonesia.

Yukk.. mulai dari sekarang, mari kita membuat wallpaper yang ada di pc/desktop kita lebih mencerahkan lagi… mencerahkan ilmu dan sekaligus mencerahkan hati kita.

Ayah.. di Jakarta kok ngga ada Gondola yah..? Kan kalo banjir airnya seperti disana?”… :mrgreen: :mrgreen: 😆

Sumber gambar: Laman FB “I Love Italy

Iklan

10 Comments

  1. boleh juga idenya, dari pada wallpaper gak jelas narsis dan selfie. Thanks ceritanya bisa memberikan inspirasi. Tapi kalo bisa sih foto foto Indonesia juga ya.

    Saya juga baru tau Kota Venesia berbatasan dengan negara Kroasia dan Slovenia. OK banget dah.

  2. mula2 belajar geografi, ntar lagi bisa belajar flora fauna juga kan….
    belajar memang bisa dari mana aja…
    di sini ada kok gondola.., yg buat bersih2 gedung bertingkat itu lho.., he..he.. nggak dik ke pasar terapung aja

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s