Surat Al-Anfaal

alqassamTidak terasa bulan Ramadhan sudah mau masuk pada 10 hari terakhir dan tadi malam, sayup-sayup terdengar di mushala yang tidak jauh dari rumah ku sudah mengkhatamkan alqur’annya. Sementara aku, Surat Al-Anfaal saja belum masuk padahal Surat Al-Anfaal ini baru merupakan surat yang kedelapan sekaligus juzz ke-sembilan dari 30 juzz didalam Alqur’an.

Ada sisi yang sangat menarik dari Surat Al-Anfaal ini, dimana surat ini merupakan hafalan wajib bagi seseorang yang ingin masuk kedalam Brigade Al-Qassam yang merupakan sayap militer dari gerakan perlawanan HAMAS (Harakat Al Muqawwatul Al Islamiyah) terhadap zionis Israel.

HAMAS sendiri merupakan gerakan militan dari para pejuang Palestina yang mengendalikan penuh wilayah Gaza. Sementara wilayah territorial Palestina lainnya yakni Tepi Barat dikendalikan oleh gerakan Fatah. Keberadaan HAMAS (lewat Al-Qassamnya) diwilayah Gaza inilah yang kemudian dijadikan alasan oleh zionis Israel untuk menggempur pejuang-pejuang HAMAS yang memang sangat militan sekali.

Kembali kepada Surat Al-Anfaal yang merupakan hafalan wajib bagi Brigade Al-Qassam, lalu aku iseng-iseng buka Alqur’an terjemahan untuk melihat surat khusus ini. Ternyata setelah dibaca dan dilihat artinya sungguh lah sangat tepat surat ini dijadikan hafalan wajib bagi para anggota Al-Qassam yang memang sesungguhnya kematian syahid lah yang akan mereka cari dan mereka damba-dambakan dalam perjuangan melawan pendudukan zionis Israel.

Sebenarnya untuk masuk menjadi anggota Brigade Al-Qassam, selain mempunyai hafalan pada Surat Al-Anfaal ini, mereka juga harus tak boleh putus sholat shubuh berjamaahnya dalam 60 hari. Tentu sudah bisa dibayangkan oleh kita bagaimana karakter dari orang-orang yang masuk dalam brigade ini. Penuh kedisiplinan serta penuh keyakinan dengan janji-janji Rabb-Nya akan segala apa yang mereka perjuangkan.

Didalam dada mereka sudah dibenamkan dengan ruh jihad yang begitu mendalam sehingga melihat lawan yang mungkin mempunyai persenjataan yang lebih canggih dan modern dibandingkan dengan mereka, mereka anggap itu semua angin lalu dan tak begitu merisaukannya. Cukuplah buat Brigade Al-Qassam, persenjataan yang selalu melekat ditubuh mereka dengan baju kebesarannya yang didalamnya selalu dibawa kalam Ilahi (Al-Qur’an) serta topeng hitam diwajahnya sebagai sebuah simbol keikhlasan perjuangannya.

Berikut beberapa ayat terjemahan didalam Surat Al-Anfaal yang benar-benar membuat para pejuang Al-Qassam menjadi yakin, kokoh dan mempasrahkan semua urusan perang kepada Rabb-Nya:
Ayat 15: Hai orang-orang yang beriman apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir dalam keadaan bergerak maka janganlah kamu berbali kebelakang (mundur).

Ayat 16: Dan barangsiapa yang berbalik kebelakang pada waktu itu kecuali untuk bersiap menyerang atau bergabung bersama pasukan sendiri maka sungguh dia kembali dengan murka dari Allah dan tempatnya adalah neraka jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya.

Ayat 30: Dan (ingatlah) ketika orang-orang kafir itu merencanakan kepada engkau supaya menangkapmu atau membunuhmu atau mengusirmu. Mereka membuat rencana, dan Allah pun membuat rencana (pula). Dan Allah sebaik-baik perencana.

Ayat 45: Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bertemu dengan pasukan (musuh), maka perkokohlah (berteguh hati) dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu memperoleh kemenangan.

Ayat 46: Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih maka kamu jadi lemah dan hilang kekuatanmu, dan bersabarlah sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Itulah beberapa ayat didalam Surat Al-Anfaal yang pastinya memberikan tambahan semangat buat para anggota Brigade Al-Qassam ataupun juga para mujahidin Islam yang berperang melawan kaum kuffar.

Iklan

8 Comments

  1. ya syarat untuk menjadi pasukan HAMAS masya allah tidak mudah,karna disitulah mujahid mujahid berada, tanyakan pada anak anaka palestine mau jadi apa? kebanyak menjawab akan menjadi pejuang hamas 🙂

    30 jus, 40 hari apa 60 hari tak putus jamaah subuh sungguh masya allah, sungguh allah bersama mreka,malaikat malaikat..

    tak kan gentar menghadapi musuh dg senjata yang modern sekalipun karna nyatanya sampai detik ini zionos laknatuloh israel takkan bisa mengalahkan palestine… # doa kami bersama mu sodaraku gaza,palestine,suriah,afrika,ruhingya…

    we a’re muslim but we’re not terorist!!

    **eh ini kenapa jd komennya semangat membara jihad yak 😀

    • Musuh-musuh Islam sebenarnya udah cape dengan perlawanan yang begitu militan dari para pejuang Muslim seperti HAMAS ini. Mereka seakan tak pernah habis dan selalu saja bermunculan mujahid2 baru untuk menggantikan seniornya yang lebih dulu syahid. Begitu militannya perjuangan mereka tidak terlepas dari keyakinan mereka akan janji-janji Rabb-Nya.

      Kalau kita sering melihat video-video tentang jihad di Afghanistan, Yaman, Suria dan Iraq.. ruh Islam kita akan dengan sendirinya membara mb @wi3nd, apalagi semenjak penjara buat kaum muslim “Abu Ghuraib” berhasil dijinakkan oleh para pejuanga muslim, kemenangan mereka seakan terus saja terjadi dan kini di bumi Iraq dan Suria telah berdiri Daulah Islamiyah lewat ISIS nya. Dan ini sudah ada didalam hadist (cuma sya lupa nama hadistnya)..

      Muslim mmg bukan teroris..namun muslim pantang mundur bila sudah diinjak-injak harga dirinya 🙂

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s