8 Hal Yang Menarik Tentang Bhutan

8 Hal Yang Menarik Tentang Bhutan. Apa sih yang paling kamu ketahui tentang Bhutan? Atau ada yang baru dengar dengan negara ini, Bhutan. Bila demikian sepertinya pelajaran geografinya harus dibuka lagi nih.


Saya sendiri hanya tahu tentang Bhutan dalam hal kontingen olahraganya, yakni Bhutan salahsatu negara yang tidak pernah banyak dalam mengirimkan kontingen olahraganya didalam suatu event (semisal Asian Games ataupun Olimpiade).

Berikut dibawah ini 8 hal yang menarik tentang Bhutan :

1. Tidak ada tunawisma

Di Bhutan kita tidak akan menemukan tunawisma atau gelandangan karena kebutuhan papan mereka, yakni rumah (layak huni) akan diberikan secara cuma-cuma oleh rajanya. Bila mereka kehilangan rumah, maka raja akan memberikan tanah untuk dibangunkan sebuah rumah beserta kebun yang nantinya bisa diolah dan diambil manfaatnya.


2. Pelayanan kesehatan gratis

Negara melayani secara cuma-cuma pelayanan medis kepada warganya. Begitupun dengan obat-obatan yang diberikannya. Obat-obatan tradisional lebih diutamakan dalam hal ini.

3. Dilarang merokok

Bhutan merupakan satu-satunya negara didunia yang menihilkan perkebunan tembakau sebagai bahan baku industri rokok, sehingga tidak aneh bila keberadaan rokok sangat dilarang disana. Sanksi berupa denda yang cukup besar dan ancaman kurungan penjara buat siapa saja yang melanggarnya.


4. Tak ada tv

Untuk menjaga kelestarian budaya mereka yang unik serta pengaruhnya dari anasir-anasir asing, maka raja melarang adanya tv di rumah-rumah.
Namun sejak 1999, aturan ini dihapuskan oleh raja. Rakyat diperbolehkan menonton.

5. Sangat perhatian terhadap ekologi

Bhutan merupakan satu dari beberapa negara yang concern dengan ekologi. Negara ini sangat menjaga sekali keseimbangan alam hutannya, dimana populasi hutannya kini telah mencapai 71 persen dari luas negaranya. Di tahun 2015 silam, Bhutan masuk rekor dunia dalam urusan penghijauan karena hanya dalam waktu 1 jam, mampu menanam 50 ribu pohon.


6. Tidak ada kawin campur

Anda boleh mencintai negri ini (Bhutan), namun tidak untuk orangnya. Bila anda terlibat cinlok dengan seorang gadis Bhutan, segeralah berfikir ulang daripada kisah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck menimpa anda. Mengingat negara sangat melarang pernikahan beda negara.


7. Penyuka masakan pedas.

Orang-orang Bhutan dikenal sebagai penyuka masakan pedas. Jadi tanaman cabai adalah satu dari beberapa tanaman yang harus ada di kebun-kebun mereka.


8. Adanya mentri urusan kebahagiaan

Buat pemerintahan Bhutan, urusan kebahagiaan setiap warganya harus sebanding bahkan melampaui dari urusan GDP atau pendapatan perkapita penduduk. Makanya tak aneh bila setiap kebijakan dari pemerintahannya sangat diapreasi oleh warga negaranya, sehingga saat diadakan survey di tahun 2015 perihal kebahagiaan, sebagian mayoritas penduduk merasa bahagia (91 persen). Hmm.. ini bahagia beneran lho yaa.. bukan pura-pura bahagia.

*****

Bagaimana dengan 8 hal yang menarik tentang Bhutan ini? Jadi bikin iri ya.. 😊

Sumber: Bright Side (Youtube)

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s