Special Olympics Winter Games


Mumpung masih hangat dan terlebih hajatannya masih berlangsung di 3 kota cantik di Austria (Schladming, Ramsau dan Graz), ada baiknya menyinggung sedikit tentang Olimpiade khusus buat atlet-atlet penyandang disabilitas intelektual atau keterbatasan intelektual.

Special Olympics World Games merupakan gelaran pesta olahraga yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dimana penyelenggaraannya diinterval setiap dua tahun dengan gelaran Special Olympics Summer Games. Jadi bila tahun 2017 ini diselenggarakan yang Winter Games maka pada tahun 2019 mendatang digelar yang Summer Gamesnya.

Cabor (cabang olahraga) dari dua Special Olympics ini tentunya berbeda karena mengacu dari dua musim pada saat penyelenggaraan lomba berlangsung. Misalnya saat ini adalah penyelenggaraan Special Olympics Winter Games dimana cabor yang diperlombakan seperti: Alpine Skiing, Floorball, Floor Hockey, Speedskating, Figure Skating, Snowboarding, Snowshoeing serta Cross-country Skiing.

Bila menilik tahun pertama penyelenggaraan, Special Olympics Summer Games lebih dahulu yakni pada tahun 1968. Sedangkan Special Olympics Winter Games baru dikenal pada tahun 1977.

Event ini sebetulnya tidak hanya bicara tentang lomba semata untuk memperebutkan medali namun lebih jauh dari itu tentunya. Suatu apresiasi, simpati serta kasih sayang kepada mereka (atlet-atlet penyandang disabilitas intelektual) adalah pesan mendalam dari Special Olympics World Games ini.

“Kami juga merasakan !” Mungkin seperti itu ungkapan yang diharapkan lahir dari berjuta pasang mata yang menonton event Special Olympics World Games.

Hakekat dari penciptaan manusia sesungguhnya adalah meyakini bahwa ciptaan Rabb memang benar-benar sempurna karena dibalik “ketaksempurnaan” para atlet penyandang disabilitas intelektual, Rabb dengan Kuasa-Nya memberikan mereka kemampuan seperti layaknya manusia normal. Setiap kesabaran dan doa yang tulus bisa memberikan energi positif yang pada akhirnya nanti membangkitkan keceriaan dan kebahagiaan buat orang-orang disekelilingnya.

Ahh.. melihat mereka (atlet penyandang disabilitas intelektual) berlomba aja udah haru rasanya, gimana saat pengalungan medali yaa.. (maklumin ya.. karena penulis mempunyai anak yang seperti ini).

Tadinya mau memberikan video tentang opening ceremony Special Olympics Winter Games 2017, cuma belum nemu-nemu channelnya yang pas di Youtube. Daripada tidak ada sama sekali, berikut video penggalan dari opening ceremony tersebut, yakni tatkala aktris penyanyi Helena Fischer membawakan lagu jadul What a wonderful world.(Diolah dari berbagai sumber)

Capture: Special Olympics World Winter Games 2017 (Youtube).

Video: Carolyn Jacobs (Youtube)

Iklan

1 Comment

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s