74 Tahun Benyamin

dsc07936Tidak salah memang kalau kita menyebut aktor kawakan yang sudah almarhum ini sebagai aktor terbesar yang dilahirkan di tanah betawi. Keserbabisaannya baik itu dalam akting, menyanyi serta melawak lewat kekonyolannya selalu membuat tertawa para penontonnya.

H. Benyamin Suaeb yang lahir pada 5 Maret 1939 adalah seniman besar betawi yang sedikit banyak telah membawa paradigma baru dalam pemikiran orang-orang Betawi pada umumnya.

Lewat akting terakhirnya dalam Sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang cukup sukses karena beberapa kali ditayangkan ulang, Bang Ben (begitu biasanya dipanggil) “mendobrak” pola pikir orang Betawi yang melulu selalu mengandalkan harta berupa tanah sebagai masa depannya. Dia berfaham bahwa masa depan yang terarah adalah lewat sebuah pendidikan formal karena pendidikan bisa mengubah kehidupan itu sendiri nantinya.

Pola pikir “baru” yang dianut oleh Bang Ben yang tentunya “tidak sesuai” dengan pola pikir orang-orang betawi umumnya pada saat itu dibuktikan dengan menyekolahkan kedua anaknya ke luar negeri. Tidak tanggung-tanggung negara yang menjadi tujuan anak-anaknya sekolah adalah negara Amerika Serikat. Untuk hal yang satu ini sedikit orang yang tahu memang padahal kalau melihat jamannya pada saat itu, pemasukan Bang Ben sendiri belumlah menentu namun dia bertekad dan yakin bahwa dia sanggup menyekolahkan kedua anaknya ke luar negeri hingga akhirnya kedua anaknya mendapatkan gelar kesarjanaannya lewat bidang computer science di Denver Colorado.

Saya sendiri sebagai penggemarnya sangat menyukai film-filmnya karena sepertinya ngga ada satu film pun yang tidak membuat saya tertawa. Selalu saja penuh dengan kelucuan baik itu lewat banyolannya maupun tingkahnya….konyol dan jenaka.

Maret ini adalah 74 tahunnya seorang legenda Betawi yang mungkin sangat sulit mencari penggantinya. Oleh karena itu Jum’at 22 Maret kemarin untuk memperingati lahirnya seniman besar betawi, Radio BBC menyiarkan “74 Tahun Benyamin Suaeb“.

Ok dech…untuk menutup postingan ini, saya share salah satu film favorit saya yang berjudul “Musuh Bebuyutan” yang dirilis tahun 1974 silam….jadul banget yach, dijamin dah anda akan geli menontonnya dan pastinya ngeliat lagi masa “keemasan” negeri ini lewat suasananya yang aman tenteram, gag ada jenggo-jenggoan seperti layaknya jaman sekarang. 😆

Sumber : http://entertainment.kompas.com/

Iklan

31 Comments

  1. Setuju dengan isi postingan ini. Tampilan bang ben dari luar emang tampak katrok, ndeso, dan kampungan, tapi kemampuannya berakting dan bernyanyi diakui banyak pihak sebagai berkelas. Bang Ben adalah maestro.

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s