Pohon Jambu Air (Part 2)

Masih tentang postingan pohon jambu air yang kemarin sudah saya singgung dan sekarang adalah kelanjutannya. Sebenarnya kemarin itu  saya ingin langsung memberikan fokus kepada perkembangan tahap demi tahap dari perkembangan buah jambu dari pohon saya, cuma intro redaksionalnya ngalor-ngidul, jadi deh judul postingannya pun mengalami perubahan.

Mungkin itu kali yah, yang disebut dengan ungkapan ‘menulis aja dulu, judul mah belakangan’, karena dari apa yang kita tulis setidaknya kita bisa memberikan judul apa yang pas dari tulisan kita tersebut.

Ok.. kita langsung aja pada paparan sederhana ala saya tentang perkembangan buah jambu air tersebut :

Sebelumnya pastikan yah, kalau pohon jambu air tersebut sudah anda tanam dan anda siram setiap harinya dengan penuh keikhlasan tanpa mengharap imbalan apa-apa… 😆 (eits.. soalnya ada lho, yang ngga ikhlas saat menyiramnya soalnya doi harus nimba dulu air di sumur kalo mau nyiram tanamannya). :mrgreen:

Foto-0003_e1_e1

Gbr 1

Setelah rutinitas diatas anda lakukan dengan penuh kesabaran, maka tinggallah sekarang anda memetik hasilnya. Kini pohon jambu air anda akan mengeluarkan benih-benih biji buahnya, yaitu berupa pentil-pentil buah yang terlihat seperti kepala korek api menggelayut manja diranting-rantingnya (Gbr 1).

Foto-0004_e1_e1

Gbr 2a

Foto-0005_e1_e1

Gbr 2b

Selang beberapa hari kemudian (ada semingguan kayaknya, saya lupa), pentil-pentil jambu air ini akan mengeluarkan serbuk-serbuk rambutnya. Hmm.. rambutnya lumayan gondrong karena melingkari seluruh kepalanya yang plontos. Mengingat rambutnya lumayan gondrong, maka timbullah nantinya kegerahan pada diri si pentil buah jambu tersebut hingga akhirnya nanti serbuk-serbuk rambut ini akan berguguran sesuai dengan kehendak-Nya (Gbr 2 a-b).

Foto-0006_e1

Gbr 3

Tahapan selanjutnya adalah serbuk-serbuk rambut yang tersisa dibakal buahnya, selanjutnya akan menghitam yang nantinya akan menyisakan sedikit rambutnya pada buah yang sudah jadi (Gbr 3).

Foto-0007_e1_e1

Gbr 4

Daaannn… akhirnya inilah buah jambu air yang sudah jadi (walau belum sempurna banget karena memang masih remaja penampakannya). Tinggal menunggu beberapa hari lagi kedepan, buah jambu air ini akan mendapatkan bentuk dan warnanya yang sempurna( Gbr 4).

Iklan

11 Comments

  1. siap paneeeeeeeeen ihiiy,,,,
    soal jambu air juga indentik dg ulat bulu hiiyyyy,,,,,

    nanti kalo jambunya manis kasih tau ya mas 😀

    by the way gimana cara mosting gambar bisa ketengah? aku dari kmaren ga bisa bisa,slalu muncul diatas..

    *menyebalkan sejak pindh ke yg baru 😦

  2. :p wkwkwk lucu juga nih! mengamati jambu sampai detail begitu!. 🙂 Hmmm.. soal hama, biasanya lalat buat, jadinya ntar kayak ada ulatnya gitu. Coba beli hormon pemikat buat lalat buahnya, biar terperangkat. sementara jambunya dibungkus. 😀

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s