Week-end ke Belgia

Week-end ini enaknya jalan-jalan maya dulu ke Belgia, 😊 terutama ke kota Brussels yang Sabtu esok menjadi Grand Depart dari gelaran prestisius dari lomba balapan sepeda Tour de France 2019.

Tour de France 2019 kali ini memasuki gelaran edisi ke 106, dimana 176 pebalap sepeda profesional akan bersaing untuk meraih yang terbaik, yakni terbaik dalam meraih general classification yang nantinya akan disematkan kaos kuning (yellow jersey)
pada sang pebalap sebagai kampiun dari perhelatan ini.

Kota Brussels sengaja dipilih sebagai kota pembuka Tour de France 2019 sebagai apresiasi penghargaan terhadap kemenangan pertama dari legenda hidup pebalap sepeda Belgia, Eddy Merckx dalam ajang Tour de France 1969. Dan perlu dicatat, kemenangannya itu tidak hanya sekali namun selama 3 tahun berikutnya, Eddy berhasil mempertahankan mahkota juaranya, yakni 1969, 1970, 1971, 1972 dan diselang kemudian di tahun 1974. Fantastis bukan?

Torehan fenomenal dari pebalap yang bernama asli Édouard Louis Joseph (lahir 17 Juni 1945) di ajang Tour de France itu terjadi 50 tahun yang lalu sehingga sungguhlah tepat bila komite panitia Tour de France menjadikan momen 50 tahun kemenangan pertama Eddy Merckx sebagai kado terindah buat Belgia, negara dimana Eddy berasal.

Dalam presentasi para pebalap kemarin di Grand Palace of Brussels, sang legenda itu hadir dan berada bersama dengan juara bertahan Tour de France tahun lalu, yakni Geraint Thomas.

Ada momen emosional Eddy Merckx saat berada diatas panggung bersama pebalap Geraint Thomas. “Yang terbaik dari 565 kemenanganku adalah di ajang Tour de France 1969. Aku kembali dari Paris dan saat tiba di kota kelahiranku, banyak orang menyambut hangat dan mengerumuniku disana. Ini membuat ku merinding,” kenang Eddy

Maukah kau mengulanginya lagi?” kata komentator.

Iya.. ,” balas Eddy

Lalu spontan para penggila balapan sepeda yang hadir dalam presentasi saat itu meneriakkan yell-yell.. “Eddy.. Eddy

Tour de France adalah satu dari tiga Grand Tour dunia yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh para penggila balapan sepeda. Tak hanya menawarkan aksi-aksi dramatis para pebalap di jalan raya, namun event ini juga menawarkan sejuta keindahan panorama alam serta bangunan-bangunan klasik bersejarah yang ada di Belgia dan negeri Prancis sebagai negara utama penyelenggaranya.

Tonton video keren dari Tour de France dibawah ini 👇👇

Sumber

Iklan