Catur Koboy, Combro dan Follback

Catur, siapa yang tak mengenal permainan ini? Baik anak-anak yang masih bocah, orang dewasa, laki-perempuan serta mbah-mbah (di kampung saya :lol:) suka dengan permainan yang satu ini.

Menggunakan media berupa papan catur plus buah caturnya yang berwarna hitam dan putih yang disusun rapi diatas 64 petak catur, kedua orang saling berhadapan dengan raut wajah keduanya yang penuh dengan keseriusan sambil sesekali menyeringai, tersenyum hambar.

Didalam hati keduanya mereka berujar, “mudah-mudahan salah jalan loe!” “mudah-mudahan dia gag lihat peluncur gue!”, “mudah-mudahan masih bisa blokir… Tak jarang untuk menaikkan “psy-war“, diletakkanlah kemudian sebungkus rokok “koboy” dengan segelas kopi hitamnya pertanda bahwa permainan akan berlangsung cukup lama atau istilahnya “mo berapa partai gue jabanin dah !”

B1111076

kartunmania.com

Pemain catur seperti ini sebaiknya dihindari karena bila dia kalah, dia akan semakin bernafsu dengan anda dan pastinya tingkat emosinya akan naik. Ujung-ujungnya biasanya sudah bisa diduga, anda akan ‘selek‘ dengannya gara-gara catur.

Bagi saya sendiri sudah lama meninggalkan “gaya” permainan ini karena saya tidak mau menyiksa tubuh saya dengan aroma asap rokok yang menggelembung liar, seliar nafsu lawan kita saat itu  dan tentunya saya tidak mau duduk berjam-jam hanya untuk sekedar bermain catur.

Sekarang saya lebih menikmati permainan catur “no contact“, yaa… saya lebih menikmati permainan catur sendiri. Terkadang secara online di dunia maya atau memainkan sendiri partai-partai catur dunia. Dengan cara seperti ini pastinya saya bisa membagi waktu dengan baik, tidak diperbudak oleh kesenangan dunia semata. #tsahh..

Masih berkaitan dengan catur, kurang lebih seminggu yang lalu, akun twitter saya @ihanif1 di follback oleh seorang pecatur wanita dunia yang juga adalah seorang model. Dia adalah GM Natalia Pogonina yang berasal dari negri yang tradisi caturnya cukup kuat yaitu Russia. Dia juga adalah seorang blogger (catur) karena isi blognya mengupas hal  tentang dunia catur.

Bila anda menyukai dunia catur, bisa anda kunjungi blognya di pogonina.com. Saya sendiri sering transit di blognya karena artikel-artikel caturnya cukup bagus seperti artikel terakhir yang saya baca diblognya tentang, “Mengapa Russia sangat kuat dalam permainan caturnya?”, kalo judul bulenya seperti ini “Why are Russians so Good at Chess?

Lantas apa pasalnya ya, saya yang seorang @ihanif1 mampu menggerakkan jari jemari seorang pecatur dunia untuk memfollback saya?! Terlebih lagi jumlah follower saya baru 6 orang saat itu.

Awalnya memang saya sedang mengikuti berita-berita seputar Piala Dunia Catur yang saat ini sedang berlangsung di Tromso, Norwegia. Keikutsertaan pecatur wanita didalamnya hanya diwakilkan oleh 4 pecatur wanita. Sangat timpang sekali dengan jumlah pecatur pria yang ikut dalam turnamen catur bergengsi ini.

Salah satu pecatur wanitanya adalah GM Anna Ushenina (Juara Dunia Catur saat ini) yang di round 1 yang berhasil memaksakan GM Super Peter Svidler yang elo  ratingnya jauh diatasnya untuk memainkan partai  playoff.

Mencoba menganalogikan partai Anna vs Svidler ini, kemudian saya iseng-iseng mention @SusanPolgar dengan bahasa Inggris saya yang standar,

“Party between GM Anna against Super GM Svidler, what might be called the party of “david against goliath?” @SusanPolgar #chessworldcup

Mentioned saya yang ditujukan kepada @SusanPolgar  sebenarnya sih hanya iseng-iseng aja, apalagi saat itu saya sedang menikmati combro plus cabe rawitnya, mustahilah dibalas.. :mrgreen:

Selang 3 jam kemudian (combronya udah habis), anehnya ada tweet dari @Pogonina (GM Natalia Pogonina) yang sepertinya ada hubungannya dengan mention saya diatas,

“31 #chess upsets with a rating difference of 300 points of more in this weeks David vs Goliath”

Tweet dari @Pogonina yang disertai linknya ini tentunya adalah sebuah informasi yang menambah wawasan saya. Oleh sebab itu, saya kemudian meretweetnya. Retweet saya pun kemudian akhirnya membuat @Pogonina memfollback saya…

Lantas apa untungnya akun twitter saya difollback ama Natalia? Untungnya sih emang gag ada, lha buat saya media sosial hanya sekedar intermeso saja dalam hidup ini atau kalo kata anak-anak sekarang buat seru seruan aje…. 😆

Ahh.. nikmat sekali memang makan combro ama cabe rawit 😉

Salam blogger !

28 Comments

  1. sesuatu deh kalau difollback sama orang top
    aku juga dulu gitu..seneng waktu diRT sama Sigi Wimala yag jadi duta museum Indonesia he..he…, gara2 itu mulai aktifin akun twitter lagi

    biji catur dulu malah kubuat main boneka, dipakein baju2n he..he,,
    cuma sering lihat kakekku dulu main catur, ada hari2nya teman2nya datang dan main catur sampe malem, cuma pernah tanya2 nama 2nya aja

Trims untuk komentarnya....

