Kegalauan diseputar Funbike

Semenjak gerakan bersepeda menggaung yang kemudian diikuti dengan lahirnya komunitas-komunitas bersepeda dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang, agenda sepeda yang bertajuk funbike banyak bermunculan bak jamur dimusim hujan yang mampu menyedot animo para pesepeda dengan iming-iming hadiah door-prize yang cukup menggiurkan.

Bagaimana tidak menggiurkan bila “modal” pendaftaran yang biasanya ada dirange Rp25.000 – Rp40.000 kita sudah mendapatkan kaos jersey, snack, merchandise (biasanya tas pinggang – ini biasanya juga yang sponsornya ok-ok lho.... :mrgreen:) dan tentunya yang terakhir (kalau anda beruntung tentunya) akan mendapatkan doorprize.

Event funbike itu sendiri yang hingga kini masih “mem-booming” dimanjakan lagi dengan adanya program CFD (Car Free Day) dari pemerintah daerah setempat yang memang berusaha mensinergiskan dengan tujuan dari kegiatan bersepeda yaitu menciptakan udara kota yang bersih dan segar, jauh dari polusi asap kendaraan bermotor.

Beberapa kota besar di Indonesia semacam Jakarta, Bandung, Surabaya serta kota-kota lainnya sepertinya saling berlomba mengadakan event-event funbike disetiap bulannya, bahkan khusus kota Jakarta saja, dalam sebulan bisa beberapa kali event funbike ini diadakan. Berbeda jauh dengan kota dimana saya tinggal sekarang (Bogor) yang event funbike-nya tidak sesering seperti di Jakarta.

Saya sendiri semenjak menetap di Bogor sudah sangat jarang mengikuti event funbike di Jakarta. Ini mengingat lokasi yang lumayan jauh sehingga menjangkaunya harus dengan
kendaraan roda empat sementara di rumah hanya tersedia kendaraan roda dua alias motor. Masak sih sepeda MTB saya harus diangkut sama motor, niat banget yah.. :mrgreen:

Berbicara tentang funbike tentunya sangat mengasyikkan sekali. Karena apa, karena aktivitas bersepeda kita yang merupakan hobi, diiming-imingi lagi dengan doorprize yang lumayan besar semacam kendaraan roda dua/empat bahkan ada juga funbike yang memberikan doorprize dalam bentuk rumah buat pesertanya yang beruntung.

Melihat doorprize yang lumayan tinggi nilainya membuat event funbike selalu ramai diikuti pesertanya dan tak jarang ada pula yang sampai memberikan batasan kepada jumlah pesertanya.

Berbicara mengenai doorprize funbike yang berlabel kendaraan roda dua/empat sesungguhnya menurut penulis merupakan hal yang kontradiktif atau bertentangan sekali dengan cita-cita awal dari kegiatan bersepeda itu sendiri yaitu menciptakan udara kota yang bersih dan segar, jauh sama sekali dari asap polusi kendaraan bermotor baik roda dua/empat.

Idealnya event organizer yang punya hajat terhadap acara seperti ini (baca: funbike) harus mensterilkan doorprize yang berlabel “polusi udara” macam kendaraan roda dua/empat seperti dimaksud diatas.

Coba bila anda bayangkan doorprize polusi udara itu (motor/mobil) misalnya digantikan dengan beberapa buah sepeda atau aksesoris-aksesoris sepeda lainnya. Betapa ini semua nantinya akan berimbas kepada bertambah banyaknya jumlah hadiah doorprize ketimbang dengan mengiming-imingi sebuah unit motor/mobil.

Melalui doorprize yang ramah lingkungan dan dibarengi dengan para pesepeda yang jauh dari asap rokok tentulah udara bersih dan segar akan bisa tercapai secara maksimal pada saat itu.

Happy weekend dan selamat bersepeda !

😉

Iklan

13 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s