Tour de Singkarak 2014

tds@tourdesingkarak

Negeri Jiran Malaysia boleh berbangga dengan gelaran lomba balap sepeda “Tour de Langkawi” yang sudah dimulai sejak tahun 1996 silam. Namun kini Indonesia pun, pelan namun pasti mulai mengejar “ketertinggalan” ini dengan gelaran lomba balap sepeda “Tour de Singkarak” (TdS) yang perhelatannya di tahun 2014 akan menginjak pelaksanaannya yang ke-enam.

Bila kita amati bersama, kedua lomba balap sepeda nomor jalan raya ini tentulah belum dapat disamakan dengan tour balap sepeda yang sudah melegenda dan mendunia seperti halnya “Grand Tour”, yaitu “Tour de France”, “Tour of Spain” ataupun “Giro d’Italia“, yang mana dari masing-masing lomba balap sepeda tersebut telah melahirkan legenda-legenda para pesepeda. Sebut saja misalnya: Miguel Indurain (Spanyol), Greg Lemond (USA), Alberto Contador (Spanyol), Bernard Hinault (Prancis) serta Lance Armstrong (USA) yang sayangnya memang pebalap sepeda terakhir ini akhirnya ketahuan juga telah menggunakan doping dalam beberapa kali gelaran lomba Tour de France sehingga membuat heboh, bukan hanya dikalangan para pebalap sepeda dunia melainkan juga para olahragawan dunia.

Kembali ke event Tour de Singkarak (TdS 2014), lomba balap sepeda ini akan dimulai pelaksanaannya pada tanggal 7-15 Juni 2014 mendatang dengan menempuh 9 tahapan lomba dan diikuti oleh 20 tim dengan 160 pebalap sepeda yang ikut serta termasuk tim Indonesia didalamnya. Tim Indonesia sendiri terdiri dari beberapa tim yang nantinya akan bersaing dengan pebalap-pebalap tangguh dari mancanegara.

Pada gelaran Tds sebelumnya (2013), tim Indonesia cukup tangguh dan mampu menyangingi tim-tim pebalap sepeda luar negeri sehingga berhasil masuk dalam peringkat ketiga secara keseluruhan. Buat tim Indonesia sendiri ajang TdS 2014 ini dijadikan sebagai ajang pemanasan untuk tampil nanti pada Asian Games ke-17 di Incheon, Korea Selatan September 2014 mendatang.

Tour de Singkarak 2014 dipastikan akan menyajikan persaingan yang ketat antara tiga juara, yaitu: Ghader Mizbani Iranagh (2009,2010,2013), Amir Zargari (2011) dan Oscar Pujol Munoz (2012). Tentunya sangat menarik untuk memprediksi siapa diantara mereka bertiga yang pada akhirnya mampu menaklukkan tantangan dalam sembilan stages untuk menjadi juara. Atau mungkin bakalan lahir juara baru dalam TdS kali ini, siapa tahu !

Diolah dari berbagai sumber

Iklan