sebuah bemo nampak dari depan dan belakangnya
“Ayo mak masuk aja kedalam, masih lega tuh, apalagi mak turunnya terakhir kan?”, pintaku dengan sedikit memaksa. Dalam hatinya mungkin si mak bergumam, “kayak tahu aja loe tong, gw turun terakhir”. 😆
Aku sendiri posisinya dipinggir saat itu, biar gampang turun dan pastinya aku bisa leluasa menghirup udara bebas. Sebelumnya karena angkutan yang dinamakan bemo ini lumayan sempit ruang antar duduknya sehingga tak ayal saat kita duduk, lutut kita akan bersinggungan dengan lutut penumpang yang ada dihadapan kita.
Aku memang sengaja menghindari masuk lebih kedalam di angkutan bemo ini karena aku ngga mau “tersandera” oleh aroma-aroma dadakan yang nantinya membuatku mual. Apalagi angkutan bemo yang dulunya kerap aku pakai, pangkalannya ada di Pasar Klender yang tentunya banyak si mbok-mbok pedagang. Lain soal kalau yang naik si mbok pedagang sayur, namun cukup tersiksa manakala yang naik itu si mbok pedagang ikan. Udah bakulannya bau amis terus ditambah lagi ama aroma selendang sutranya yang ikutan amis juga ( maaf ya mbok… peace ! ). 😆
Kalau situasinya seperti diatas, tentunya lebih enak duduk dipinggir bukan..? Selain bisa memandang jalan mungkin kita juga bisa dadah-dadahan sama kawan, sodara, tante, om yang pada saat itu kebetulan sedang melintas dibelakang bemo yang kita tumpangi.
Bemo yang merupakan produksi dari negeri Sakura, pada awal peruntukkannya sebenarnya untuk angkutan barang namun entah mengapa setelah tiba di Indonesia pada sekitar tahun 1962 pada posisi belakangnya diberikan tempat duduk yang sudah barang tentu membuat sempit antar ruangnya. Kedatangannya sendiri pada waktu itu berkaitan dengan adanya penyelenggaraan Ganefo di Jakarta.
Waktu masih di Pondok Bambu, angkutan bemo ini biasa melayani trayek Ps Klender – Pangkalan (sesudah tiptop yang baru) atau Ps Klender – Kavling (Komp Perumahan TNI AL) sedangkan di daerah lainnya yang aku tahu ada di Benhil (Bendungan Hilir) Jakarta Pusat.
Kalau saja bemo seperti mikrolet sekarang mungkin bisa full music kali ya…dan jangan-jangan bisa request lagu nie ama supirnya…
Ok dech…buat bang Jali yang lagi asyik di bengkelnya, mpok siti yang lagi ngulek cabe buat sambel nasi uduk ntar malem…dan neng Mira yang masih aja terus nguber-nguber dosennya buat skripsinya…nie ada musik buat nambahin semangat beraktivitasnya 😉
sumber gbr : foto.news.viva.co.id
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bemo
aku ga bisa ngasih komentar banyak2, karena aku ga pernah naik bemo. maklumlah…. dikampung ga ada yang namanya bemo. yang ada cuma becak, dokar, andong, bis mini, sm angkot
aku mlh blm prnh naik andong mb… thx knjungannya !
andong itu hampir sama seperti dokar. sama2 ditarik oleh kuda. bedanya kalo dokar beroda dua, kalo andong roda 4. wuiihhh…..sensasi naik andong ato dokar ga ada duanya. dijamin si penumpang pasti ngantuk. hihi…
iya mb… dlu wktu sya msh tnggal di jkt mmg gag ada andong/dokar… mmg klo di pedesaan yg jlnnya msh sepi tentu mnyenangkan sekali naik andong/dokar.. 🙂
hehehe. sama. kalau naik bemo cuma mau di paling belakang atau di depan aja. susah kalau gak. dah gitu kalau duduk di tengah, susah turunnya (secara badannya ane gede)
wahh…klo bdnnya lbh gede lgi tentunya tambah susah lgi bergerak ddlm bemo
banget. kalau dah di bemo mah diem aja…
seumur umur lum pernah naik bemo..
bnyak suka dukanya saat naik bemo..
Kenapa ga di samping sopirnya aja bang?
disamping supir juga ok… cma jarang kebagian..
di sidoarjo gk ada bemo… 😦
jadi pengen naik ginian,tapi d tempat ane gada sob 😀
Saya belum pernah naik nih..
jadi pengen naik…
skrg sepertinya udah ngga ada lagi..
Menunggu cerita pengemudi bemo.
pengemudi bemonya udah ganti profesi sobat… trims ya !
jadi apa, ka?
supir bemonya skrg sdh jadi juragan kripik…wkwkwk
angkutan ini gas buangnya mmg cukup berpolusi