Kasihan Bapak Jokowi

Sepertinya tim Kepresidenan di republik ini harus menata ulang lagi bila ingin menempatkan Bapak Jokowi selaku Presiden RI dalam dialog yang menggunakan bahasa Inggris di forum-forum internasionalnya.

Forum-forum internasional yang didalamnya biasanya dihadiri oleh sekumpulan intelektual dari berbagai disiplin ilmu, sangat naif rasanya bila seorang pemimpin tidak mempunyai kecerdasan maupun wawasan berfikir saat menjawab respons dari audience-nya yang terlebih menggunakan dialog bahasa Inggris dalam interaksi verbalnya saat itu.

Saya yang menonton lewat Youtube saat dialog Bapak Presiden di Brooking Institution Amerika Serikat (saat sesi tanya jawab) agak tergagap juga melihatnya dan ujung-ujungnya hanya ucapan kasihan yang terlontar didalam hati saya karena terlihat sekali begitu tidak nyamannya beliau saat mencoba menjawab pertanyaan hingga “akhirnya terpaksa” melempar pertanyaan tersebut kepada mentrinya untuk menjawabnya.

Menyayangkan sekali rasanya beliau tidak memanfaatkan penterjemah agar lebih mengerti/memahami lagi pertanyaan dari para audience.

Tak ayal bila kemudian sebagian besar netizen kembali menyuarakan kekecewaannya dari apa yang telah disaksikannya tersebut. Saya sendiri hanya speechless usai menontonnya.

image

Hanya bisa berharap buat kedepannya agar digunakan saja bahasa Indonesia saat acara-acara seperti ini karena nantinya menjaga wibawa terhadap pemimpinnya itu sendiri dan juga wibawa bangsanya.

Maaf.. untuk videonya sila tengok saja di Youtube.

Iklan

9 Comments

  1. “I want to test my minister”

    Menurut saya ini “basa-basi” yang fatal, padahal bisa aja kasih sedikit retorika awalan yg lazim tapi ini mah… Ah, sudahlah

    I want to test my minister

    Apa abis ini ada:
    I want to test my vice president

    I want to test my volunteer

    I want to test anyone because i don’t know how to tell something

    😅😅😅

    ~~~~~~~~~~

    Yang sya gag habis fikir, apakah org2 disekeliling beliau tdk tahu/menyadari bhw kemampuan berbhs Inggrisnya cukup beresiko utk dialog spt itu. Mengingat yg dibawa disini gag hanya beliau sbg presiden saja tapi jga membawa wibawa bangsanya.

    Sya sendiri aja nontonnya hnya bisa berucap “Oh my god!” 😆

  2. Iya saya juga kasian mas 😦 di medsos juga di bully. Mau bantu tapi ndak bisa hahaha 😛

    ~~~~~~~~~~~

    Netizen yang berkomentar miring mmg dilandasi dr apa yg mereka lihat (video) tsb. Sngguh kata membanggakan tenggelam bgt saja..

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s