Sampanye

image

Sampanye atau dalam bahasa kerennya Champagne merupakan selebrasi yang dilakukan diatas podium oleh para pemenang (urutan 1-3), yaitu dengan gaya menyemburkan anggur putih (yang dikocok-kocok sebelumnya) kehadapan para penontonnya maupun menyemburkan kepada rivalnya sendiri. Sampanye sendiri biasanya dilakukan usai penyerahan piala atau trofi kejuaraan.

Kegiatan sampanye memang seringkali terlihat pada lomba-lomba balapan F-1 maupun Moto GP. Namun jangan lupa, di balapan sepeda pun ada lho… Malahan di balapan sepeda, khusus juara satunya, sebelum perayaan sampanye tersebut, sang juaranya mendapat kecupan pada pipi kiri-kanannya dari dua wanita cantik yang memang sengaja dipasang untuk ‘menyambut’ sang pemenang.

Berbicara tentang anggur yang digunakan saat sampanye, sengaja memang diberikan anggur yang berwarna putih. Mengingat anggur jenis ini (warna putih) tidaklah sebagus anggur yang berwarna kekuning-kuningan (Wikipedia).

Jadi wajar ya, bila terlihat saat sampanye kemenangan, anggur yang dikemas dalam botolan ini seperti dibuang-buang begitu dan seringkali pula dipakai buat “keramas” plus cuci muka oleh para pemenangnya. šŸ˜†

Nahh.. bagi anda yang kebetulan panitia lomba olahraga (apa aja) dan ingin meniru gaya selebrasi sampanye, jangan khawatir bila budget terbatas. Gantikan saja anggur putih dengan limun soda (bebas warnanya) lalu masukan dalam botol besar. Dan Sampanye pun siap menggembirakan anak-anak kampung yang menontonnya… wkwkwk šŸ™„ :mrgreen: :mrgreen:

Sumber gbr: Youtube

16 Comments

  1. Setahu saya mas Champagne adalah salah satu label dari Sparkling Wine. Dibuatnya dari Anggur yang hanya tumbuh di desa Champagne. Jadi Sparkling Wine yang dibuat dan diproduksi di desa Champagne adalah Champagne meskipun merknya berbeda-beda seperti Oudinot Brut, Waitrose Brut Champagne, 2002 Heidsieck & Co Monopole Silver Top Champagne, 2002 Saint Gall Vintage Grand Cru, 2003 Marguet RosƩ, Grand Cru, Louis Roederer Brut Premier, Champagne Lilbert Blanc de Blancs Brut PerlƩ (Tanpa Alkohol), dan lainnya

    Di luar itu namanya ya Sparkling Wine dengan brand seperti Tesco Cava Brut, Conisua, Asda Asti Spumante, Cesarini Sforza CuvƩe Brut Riserva, Lindauer Special Reserve NV, New Zealand, Ombra Prosecco di Colli Trevisiani, dan lainnya. Biasanya harganya lebih murah.

    Sparkling Wine bukan anggur putih, karena anggur putih juga beda mas buatnya.

    Kalo untuk selebrasi biasanya bukan Champagne mas, tetapi Sparkling Wine. Champagne harganya mahal termasuk Wine Premium.

Trims untuk komentarnya....