Siren (Kisah Si Manusia Duyung)

Lagi doyan nonton tv series beberapa hari belakangan ini dan salahsatu yang menarik hati ku adalah film drama series yang berjudul Siren produksi tahun 2018. Film drama series Siren ini terdiri dari 10 episode (season 1) dan 16 episode (season 2) yang masing-masing episodenya berdurasi 40 menitan.

Drama series Siren bercerita tentang perjuangan dari seorang gadis Ryn yang merupakan penjelmaan dari manusia duyung yang mencari saudara perempuannya (manusia duyung juga tentunya) yang ditangkap oleh awak kapal nelayan North Star dari Bristol Cove yang sedang beroperasi di lautan.

Episode 1

Sebuah kapal nelayan dari Bristol Cove terjebak dalam sebuah badai besar ditengah laut. Beruntung ikan-ikan hasil tangkapannya masih dapat diselamatkan oleh 4 awak nelayan didalam kapal tersebut. Tak disangka-sangka didalam kerumunan ikan-ikan hasil tangkapan, terjerat seekor makhluk misterius yang sempat menimbulkan korban luka parah pada bagian perut salahsatu awaknya.

Pimpinan nakhoda langsung meminta bantuan kepada pihak terkait lewat radio telekomunikasi yang ada didalam kapal. Tak lama datanglah bala bantuan (ternyata dari militer angkutan laut), yang segera membawa seorang korban. Namun sebelum terbang membawa korban, pihak militer angkatan laut meminta awak kapal nelayan untuk membuka salahsatu ‘brankas’ hasil tangkapan ikan. Dan sungguh diluar dugaan, didalam salahsatu box nya terdapat makhluk menyerupai manusia duyung yang langsung diamankan oleh awak militer tanpa memberitahu kepada awak nelayan yang cuma bisa menduga-duga gerangan apa yang dibawanya.

Saat makhluk yang menyerupai putri duyung tersebut diangkut oleh helikopter militer, nun dibawah sana, salahsatu mata dari putri duyung lainnya sedang memperhatikan dengan raut wajah penuh kesedihan karena saudaranya telah ditangkap dan dibawa oleh anak-anak manusia berseragam militer.

****

Bristol Cove daerah dipinggiran sebuah teluk, baru saja menggelar festival putri duyung. Bukan tanpa alasan tentunya karena menurut cerita para orangtua mereka dahulu, Bristol Cove beberapa abad yang lalu sering didatangi oleh makhluk laut misterius yang bernama putri duyung.

Ben Powell seorang ahli biologi kelautan tak begitu tertarik dengan perayaan tersebut walau pada perayaan festival putri duyung itu orangtuanya jadi pembicara pada warga disana. Ben lebih asyik menggeluti dunianya bersama sang pacar Maddie Bishop yang juga mempunyai hobby yang sama dengan Ben, yakni dunia kelautan dan pelestariannya.

Salahsatu awak kapal nelayan yang kemarin sempat ditolong oleh para personel militer memberitahu pada Ben perihal makhluk misterius yang diangkut oleh militer dengan menggunakan pesawat helikopter tersebut. Dugaan-dugaan makhluk laut itu seperti putri duyung ditepis oleh Ben karena memang Ben tidak mempercayai cerita khayalan yang sudah turun temurun itu.

****

Saat mengendarai mobilnya seorang diri, tiba-tiba Ben dihadang oleh seorang wanita misterius yang hanya bertelanjang kaki dengan wajah menampakkan seseorang yang tidak dalam kondisi sehat. Dan Ben lalu membawanya pulang tanpa sepatah kata pun yang keluar dari mulut manis si wanita ini.

Sesampai di rumah, Ben lalu menelpon seorang dokter kenalannya untuk datang ke rumahnya dan membantu pengobatan kepada wanita misterius yang baru saja dikenalnya ini. Namun sayang, sebelum dokter itu tiba, wanita misterius itu menghilang entah kemana.

Pagi itu baru saja tiba, rupanya wanita misterius yang sempat menghilang, perginya tak jauh, Dia berada didalam kapal Ben yang tertambat dipinggiran teluk. Dunia lain dalam fikiran wanita misterius ini akhirnya membawanya berkeliling ke ruas-ruas jalan di Bristol Cove.

Pada salahsatu momen, wanita misterius ini secara tak sengaja tertarik dengan tontonan anak-anak yang menggambarkan sesosok putri duyung yang bernama Rhyn. “I am Ryn.. !” Kalimat inilah yang terus diucapkan wanita misterius saat bertemu dengan seseorang yang dijumpainya.

Terus berjalan mencari saudaranya yang hilang, wanita misterius ini berhenti didepan rumah Ms Hawkins yang menjual artefak atau barang-barang asli kepunyaan dari putri duyung. Ms Hawkins dan wanita misterius sempat bertatap muka. Sebelum terlontar ucapan dari Ms Hawkins, si wanita misterius ini keburu menghilang pergi.

Ben akhirnya dapat menemukan kembali wanita misterius ini (Ryn) yang kebetulan sedang memperhatikan Maddie (pacar Ben) sedang memberikan arahan pada murid-muridnya perihal satwa laut.

Pertemuan kedua Ben dengan Ryn kembali memperlihatkan Ryn tidak dalam kondisi yang baik. Kemudian Ben kembali menelpon dokter. Dokter lalu memberikan arahan obat apa yang harus diberikan kepada Ryn.

Sementara itu kulit Ryn semakin kering dan kasar (efek terlalu lama di darat), ditambah dengan batuk ditenggorokannya. Mata Ryn mulai berkunang-kunang. Dengan sisa tenaga yang ada padanya, Ryn mencoba merayap untuk mendekati air yang letaknya tak jauh dari rumah Ben. Dan akhirnya Ryn melompat kedalam air. Saat masuk kedalam air itulah, tubuh Ryn menjelma kembali menjadi putri duyung. Ryn berteriak ketakutan serta menahan sakit akibat transformasi yang terjadi ini.

Suara Ryn sayup-sayup terdengar oleh Ben. Tanpa disengaja pada layar beberapa monitor yang terpasang di rumah Ben, dia melihat sosok putri duyung itu ada disana.. didalam air dalam teriakan penuh ketakutan. Tanpa berfikir panjang, Ben pun lalu menceburkan diri kedalam air. Namun sialnya dalam transformasi penuh ketakutan itu, Ben hampir celaka akibat gerakan spontan dari Ryn. Beruntung akhirnya Ben mampu melepaskan diri dari bahaya yang mengancamnya dengan segera naik ke darat.

Atas kejadian ini, Ben semakin yakin bahwa Ryn adalah penjelmaan putri duyung. Ia pun akhirnya menemui kawannya, awak nelayan kapal North Star untuk mencari dan menemukan sang putri duyung ini kembali.

****

Maaf.. kalo spoiler semua isinya

1 Comment

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s