Andorra

1170px-Location_Andorra_Europe

Bagi para pemerhati sepakbola, bila mengingat nama Andorra, pastinya akan teringat dengan sebuah negara di Eropa yang selalu menjadi bulan-bulanan lawannya di lapangan hijau. Negeri ini memang kerap menjadi lumbung gol bagi negara-negara kuat sepakbola Eropa lainnya, seperti Spanyol, Inggris, Jerman maupun Prancis dalam ajang kualifikasi Piala Eropa yang diikutinya.

andorra_map_2011worldfactbook_300_1Andorra yang berpredikat sebagai lumbung gol sebenarnya tidak sendirian dalam hal ini. Kep. Faroe dan Liechtenstein adalah dua negara yang ‘setia’ menemaninya (kasihan yah.. suka ngga tega rasanya kalau melihat sebuah tim kesebelasan selalu kalah dengan angka yang telak.. kasihannya terutama melihat face dari penjaga gawang maupun pelatihnya yang biasanya suka di-closeup oleh mata kamera… mungkin kalo kita bisa menerawang, kata coach-nya dalam hati, “Sakitnya tuh disini..!”). 😆

Sekedar informasi terbaru dalam ajang kualifikasi Piala Eropa, baru-baru ini Belgia berhasil menggasak Andorra dengan enam golnya tanpa balas dan ini berarti dalam 2 pertandingannya di Grup B kualifikasi Piala Eropa, Andorra telah kebobolan sebanyak 8 gol !

Sering mendengar Andorra sebagai negara ‘penggembira’ dalam cabang sepakbola tanpa tahu dimana sih letak dari negara kecil ini, sepertinya tidak adil rasanya. Oh yahh.. sekedar informasi, saya sendiri baru tahu letak persis dari Andorra setelah saya membuat postingan ini. :mrgreen:

Bila melihat salahsatu bagian dari peta Eropa diatas, nampak jelas kalau negara Andorra berada di Eropa bagian barat daya, dimana persisnya berada didaerah pegunungan Pyrenea yang sekaligus juga merupakan pembatas negara Spanyol dengan Prancis.

1280px-Andorra_la_Vella_3

Berada didaerah pegunungan seperti Andorra, tentunya tidak bisa disamakan dengan daerah pegunungan di negara kita karena tetap acuan ‘status’ dari masing-masing negara tidak bisa diabaikan begitu saja. Status sebagai negara berkembang (Indonesia) tentu tidak sama dengan status dari negara Andorra yang sudah lebih maju layaknya negara Spanyol dan Prancis, dua negara yang mengapitnya.

*****

Yuukk.. kita maen ke Andorra!”

Kapan yah..?”

Ntar lebaran monyet.:mrgreen:

Courtesy photo : Wikipedia

Iklan

6 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s