Menyesuaikan Tampilan Blog dengan Gadget

T3-Gadget-of-the-Year-2012Dunia hari ini adalah dunia yang ‘mobile’, dunia yang senantiasa bergerak dari waktu ke waktu dengan sedemikian cepatnya sehingga menuntut sebagian besar orang di planet ini berlomba-lomba untuk tidak ingin tertinggal dari arus informasi yang mereka inginkan. Hanya saja animo yang cukup besar ini tidak bisa serta-merta dilakukan begitu saja sepanjang waktu, karena “keterbatasan” perangkat canggih yang mereka gunakan. Yahh… ini mengingat perangkat canggih yang dipergunakan semacam pc\desktop adalah media yang cukup besar sehingga menyulitkan para penggunanya untuk selalu online dalam berbagai kesempatannya.

Gadget semacam komputer jinjing mini (laptop), tablet maupun handphone adalah beberapa perangkat canggih yang sekarang dijadikan solusi bagi mereka yang ingin selalu up to date dalam mendapatkan arus informasi yang mereka inginkan. Mereka adalah manusia-manusia ‘modern’ yang lifestyle-nya adalah ‘mobile’ dimana kesempatan yang ada akan senantiasa dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Berkaitan dengan Hari Blogger Nasional yang jatuh hari kemarin (27 Oktober 2014), sudahkah anda sebagai penulis yang membuat coret-coretan didalam sebuah media berupa blog, mensinkronkan tampilan blog anda dengan perangkat gadget yang anda miliki ? Ini mengingat pembaca dari blog anda tentunya tidak hanya membaca informasi yang anda berikan lewat pc/desktop saja, melainkan sebagian besar dari mereka membaca lewat perangkat seperti tablet ataupun handphone.

Apakah ada perbedaannya bila belum disesuaikan tampilannya? Menurut saya JELAS ADA, mengingat biasanya tampilan blog yang belum disesuaikan biasanya kurang nyaman untuk dibaca.

Sebagai ilustrasinya saya jelaskan secara singkat dibawah ini:

Tampilan blog yang belum disesuaikan :

  • Besaran kb (kilo bytes) biasanya cukup besar ( kalo di hape saya, bisa mencapai 200 kb) (bila sudah disinkronkan <100 kb)
  • Biasanya harus di zoom dulu
  • Mengingat harus di zoom, maka kursor pun biasanya tidak balance antara kiri-kanannya sehingga dari segi membaca per-alinea dari tulisan menjadi tidak nyaman.

Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa suatu blog belum disesuaikan tampilannya dengan gadget yang dipegang?

Saya menggunakan browser Opera Mini 4 didalam hape jadul saya (udah ketahuan lahh.. dari jenis browsernya yahh..), disitu ada settingan pengaturan TAMPILAN PONSEL. Bila blog anda belum disinkronkan tampilannya dengan gadget (tablet, handphone), dan saya ingin nyaman membacanya, saya biasanya HARUS MENCENTANG terlebih dahulu settingan TAMPILAN PONSEL. Namun sebaliknya bila tampilan blog anda sudah disesuaikan, saya tidak perlu lagi mensetting TAMPILAN PONSEL karena dengan sendirinya browser tersebut akan menyesuaikan dengan tampilan dari blog anda.

Memang sih dalam hal ini cuma soal settingan di pengaturan saja dari handphone yang kita pegang tapi alangkah idealnya bila anda yang mempunyai blog sudah terlebih dahulu mensinkronkannya sehingga kita tidak bolak-balik lagi masuk kedalam settingan pengaturan di browser yang kita pergunakan.

Buat pengguna WordPress sendiri, sudah ada tampilan untuk mensinkronkannya. Hanya maaf yah.. disini saya tidak bisa menampilkan screen-shotnya (masih gaptek soal screen-shot). :mrgreen:

Kiat ini diperuntukkan buat yang belum tahu saja, untuk para master silahkan memberikan ilmunya kalau anda berkenan.

Nb: penulis biasa browsing menggunakan Samsung Champ dan tentunya blognya sudah disesuaikan dengan gadget ‘jadul’ yang dipegangnya. Untuk handphone Android, saya sendiri tidak tahu apakah hal ini sama berlakunya. :mrgreen:

Iklan

12 Comments

  1. sepertinya saya dulu pernah nemu web yg bisa mengukur efektifitas blog kita jika dilihat via PC/desktop dengan via mobile. cuma saya lupa alamatnya. dan menuruut hasilnya, versi mobil dari blog saya harus disesuaikan lagi

    • Oh yah.. blog @Jampang, di hape saya musti disetting dulu tampilannya di opera mini (biar nyaman membacanya) 😀

      Memang ada beberapa blog yang memerlukan settingan ‘tampilan ponsel’ di hape saya, namun ada juga yang tidak. Saya tidak tahu apakah karena hape saya masih berbasis java (bukan android) sehingga cukup mempengaruhi tampilan dari sebuah blog yang sebenarnya.

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s