Air Show

image

Kilas balik ke masa lampau yaitu saat dimana saya masih berseragam sekolah, untuk pertama kalinya dalam sejarah, saya terbujuk oleh kawan-kawan lainnya untuk kabur dari sekolah alias membolos agar bisa pergi menyaksikan “Indonesia Air Show” yang diadakan di Lanud Halim Perdanakusumah.

Entah tahun berapa itu Air Show diadakannya, cuma yang pasti dan saya ingat, pelaksanaannya berlangsung di era presiden “Piye kabare… enak jamanku toh“. Jadi sudah lama yaa.. lamaa banget. Air Show yang diadakan di Halim pada waktu itu sepertinya merupakan Air Show yang pertama dimana mampu menghadirkan pesawat sejenis Red Arrows yang sudah terkenal dengan pilot-pilotnya yang mahir melakukan aerobatik di udara. Oh yaa.. saat itu negara kita Indonesia, belumlah mempunyai tim aerobatik seperti yang kita punya sekarang, yang kelasnya juga tidak kalah dengan tim-tim aerobatik terkenal dunia. Lewat pesawat F-16 Fighting Falcon (kalo gag salah), penerbang-penerbang TNI AU kita mampu  menciptakan formasi-formasi di udara yang membuat decak kagum yang melihatnya.

image

image

Saat berlangsungnya Air Show waktu itu, seingat saya kami tidak dipungut bayaran alias gratis. Saya dan kawan-kawan lainnya bisa masuk dengan lenggang kedalam areal apron dari Lanud Halim. Ini juga sekaligus merupakan awal pertama kalinya saya masuk kedalam bandara pesawat terbang. Horree.. akhirnya saya bisa juga merasakan  bandara itu kayak apa. Hal inilah rupanya yang menjadi alasan kuat saya membolos pada saat itu, melihat seperti apa itu bandara pesawat terbang dan sekaligus juga melihat tim aerobatik dunia unjuk kebolehannya.


image

 

Kran kemudahan yang kemudian diberikan oleh negara Paman Sam kepada Indonesia, yaitu berupa ‘sokongan’ alutsista (salahsatunya pesawat F-16) setidaknya mempunyai andil dalam melahirkan tim aerobatik negri ini. Namun sejarah masa kemerdekaan Indonesia tentulah tidak bisa kita lupakan begitu saja, dimana waktu itu dengan keadaan yang serba terbatas, para penerbang Indonesia mampu memberikan sejarah gemilangnya pada dunia penerbangan indonesia. Dan jangan juga melupakan bahwa di era tersebut negeri kita Indonesia sangatlah ditakuti dikawasan Asia berkat pesawat-pesawat tempur canggih yang disuplai oleh Uni Soviet (sekarang Russia) kepada Indonesia. 

Sumber gbr : youtube

Iklan

6 Comments

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s