Ikan Tompel

Aku menamakannya ikan tompel karena pada bagian kedua sisi dari ikan kecil ini ada bulatan hitam yang cukup jelas layaknya sebuah tanda ‘lahir’ yang mengikat pada tubuhnya.

Dahulunya aku sering mendapatkan ikan kecil ini (ukurannya sebesar jari telunjuk) saat memancing dipinggiran batrean PLTU Muara Karang Pluit, Jakarta Utara sana. Kebetulan waktu itu aku sering menginap di rumah oom ku yang bekerja di Perusahaan Listrik Negara dan lokasi rumahnya yang tak begitu jauh dengan batrean tersebut (sekitar 1 Km)

Tak perlu menggunakan alat pancing yang mahal untuk mendapatkan ikan tompel ini karena alat pancing sederhana pun (seperti alat pancing yang biasa kupakai saat itu), ikan tompel ini dapat dengan mudahnya kita kail.

Waktu itu air laut dipinggiran batrean PLTU cukup jernih sehingga aku bisa melihat dengan jelas ikan tompel ini sedang mendekati ujung kail ku. Aku yang baru sekali itu merasakan memancing itu seperti apa, bagai anak kecil yang baru mendapatkan mainan baru. Riang gembira tanpa menghiraukan sengatan mentari yang cukup terik menerpa tubuhku.

Ikan-ikan tompel ini sebelumnya terlihat berada diantara bebatuan. Mereka berenang naik ke permukaan air tatkala melihat ada makanan yang menarik hatinya. Saat itu aku bisa dengan jelasnya melihat ikan-ikan tompel ini mendekati ujung kailku.

Setelah mendapatkan beberapa ekor ikan tompel, lalu pulanglah kami. Ikan-ikan tompel ini lalu diolah oleh tanteku dengan cara menggorengnya. Soal rasa, ikan tompel ini cukuplah enak saat usai digorengnya. Dengan tambahan kecap manis dan sambal goreng pedas sepertinya menambah porsi makan bukanlah hal yang aneh disaat itu.

Puluhan tahun kini telah berlalu, ada rasa kerinduan juga rasanya ingin bermain kesana.. (maen gih.. 🤓🤓) batrean Pluit yang didepannya sejauh mata memandang, membentang luas Lautan Jawa..

Video

1 Comment

Trims untuk komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s